Pemertahanan Bahasa Indonesia di Era Globalisasi

Bahasa merupakan alat komunikasi dan kerjasama yang paling efektif dalam berkomunikasi atau berinteraksi. Bahasa, sebagai lambang pemahaman, merupakan sarana berpikir pertama yang menjadi sumber pengetahuan dan pemahaman manusia. Bahasa memungkinkan orang untuk memahami hal-hal di sekitar mereka dan membawanya ke pengetahuan dan keahlian.

Advertisement

Bahasa memegang peranan penting dalam kehidupan sehari-hari dalam berbagai bidang kehidupan. Orang Indonesia sendiri mempunyai tugas untuk mengkomunikasikan perasaan dan pikirannya kepada orang lain secara utuh dan lengkap. Singkatnya, bahasa adalah alat untuk mengkomunikasikan sesuatu yang terlintas dalam pikiran.

Bahasa Indonesia memiliki empat status resmi: bahasa baku, bahasa nasional, bahasa resmi, dan bahasa resmi. Setelah perkembangan lebih lanjut, bahasa Indonesia telah memantapkan dirinya sebagai bahasa budaya dan ilmu pengetahuan. Keenam posisi tersebut memiliki fungsi yang berbeda, namun pada kenyataannya dapat ditampilkan secara bersamaan dalam suatu acara, atau hanya dapat ditampilkan dalam satu atau dua fungsi saja.

Bahasa memiliki fitur yang dapat digunakan sesuai kebutuhan karena dapat diungkapkan dengan mengatakan apa yang ingin Anda katakan. Fitur bahasa sangat beragam. Bahasa dapat digunakan sebagai alat komunikasi, sebagai alat integrasi sosial dan adaptasi terhadap lingkungan dan sekitarnya. Bahasa merupakan alat komunikasi yang digunakan orang baik secara lisan maupun tulisan.

Advertisement

Globalisasi adalah era di mana perubahan besar-besaran terjadi karena perbedaan budaya dan pengaruh budaya yang berbeda. Globalisasi mempengaruhi setiap aspek kehidupan, termasuk bahasa itu sendiri. Bahasa yang semakin mengglobal di semua negara adalah bahasa Inggris, dengan jumlah pengguna yang semakin meningkat setiap tahunnya, mencapai miliaran. Oleh karena itu, masyarakat khususnya masyarakat Indonesia perlu lebih kuat melindungi bahasa ibu mereka.

Di era globalisasi ini, identitas keindonesiaan harus dimajukan dan disosialisasikan oleh seluruh warga negara Indonesia. Hal ini diperlukan untuk memastikan bahwa bahasa Indonesia sendiri tidak terpengaruh oleh bahasa asing yang tidak mendukung bahasa Indonesia dan dapat memberikan dampak budaya dan bahasa yang negatif. Orang Indonesia harus memperhatikan situasi dan syarat penggunaan serta mengikuti aturan yang berlaku dalam bahasa Indonesia.

Advertisement

Bahasa Indonesia harus dimasukkan dalam kerangka perencanaan bahasa untuk bahasa yang lebih matang dan terencana. Orang Indonesia dianggap sebagai pemimpin dalam ilmu pengetahuan. Di atas segalanya, Anda dapat melakukan rencana bahasa Indonesia di bidang glosarium (pembentukan istilah). Oleh karena itu, diperlukan kekuatan dan stabilitas untuk menjadikan bahasa Indonesia sebagai sumber ilmu pengetahuan. Peran ini berdampak pada bidang pendidikan. Dalam bidang pendidikan, bahasa Indonesia dibutuhkan tidak hanya sebagai bahasa pendidikan, tetapi juga sebagai mata pelajaran dan sebagai penghubung antar mata pelajaran lainnya.

Era globalisasi merupakan tantangan bagi bangsa Indonesia untuk belajar bahasa Indonesia untuk mempertahankan eksistensinya. Beberapa pengguna Indonesia meremehkan bahasa Indonesia. Oleh karena itu, menjaga bahasa Indonesia merupakan kewajiban bagi masyarakat Indonesia, khususnya semua mahasiswa atau partai politik yang terkait dengan lembaga pendidikan. Bahasa asing yang digunakan dalam pendidikan sebenarnya hanyalah pengantar ilmu itu sendiri. Namun, agar tidak terpengaruh oleh bahasa asing, terutama bahasa Inggris, Anda harus mencari pengetahuan, bukan pengetahuan bahasa.

Kegagalan memfilter bahasa asing dapat berakibat fatal. Ini adalah kebutuhan ilmiah. Bahasa merupakan alat komunikasi dan kerjasama yang paling efektif dalam berkomunikasi atau berinteraksi. Bahasa, sebagai lambang pemahaman, merupakan sarana berpikir pertama yang menjadi sumber pengetahuan dan pemahaman manusia. Bahasa, tentu saja, merupakan fenomena sosial. Faktor nonverbal atau eksternal memiliki pengaruh yang kuat terhadap penggunaan bahasa. Bahasa memungkinkan orang untuk memahami hal-hal di sekitar mereka dan membawanya ke pengetahuan dan keahlian. Bahasa memegang peranan penting dalam kehidupan sehari-hari dalam berbagai bidang kehidupan.

Orang Indonesia sendiri mempunyai tugas untuk mengkomunikasikan perasaan dan pikirannya kepada orang lain secara utuh dan lengkap. Singkatnya, bahasa adalah alat untuk mengkomunikasikan sesuatu yang terlintas dalam pikiran. Bahasa Indonesia telah berkembang jauh sebagai bahasa resmi negara. Bangsa Indonesia telah resmi sejak tahun, ketika janji pemuda ditandatangani oleh pemuda Indonesia pada tanggal 28 Oktober 1928. Dengan perkembangannya, bahasa Indonesia akhirnya menjadi bahasa resmi, sebagaimana tercantum dalam Pasal 36 Bab XV UUD 1945, Bahasa Indonesia adalah bahasa Indonesia.

Bahasa Indonesia memiliki fungsi umum dan prinsip dasar khusus yang membedakannya dengan bahasa lain di dunia, baik asing maupun daerah. Oleh karena itu, ciri-ciri umum dan dasar pemikiran tersebut adalah identitas Indonesia. Globalisasi adalah istilah yang digunakan untuk melambangkan realitas global yang menekankan pada kehidupan konseptual lingkungan baru yang dibentuk oleh teknologi informasi.

Globalisasi dapat dipahami sebagai kekuatan yang memberikan serangkaian tekanan standar dan memaksakan tuntutan pada semua lapisan masyarakat. Globalisasi adalah era dimana terjadi perubahan besar-besaran karena perbedaan budaya dan pengaruh budaya yang berbeda. Globalisasi mempengaruhi setiap aspek kehidupan, termasuk bahasa itu sendiri. Bahasa yang semakin mengglobal yang digunakan di semua negara adalah bahasa Inggris, dengan jumlah pengguna yang semakin meningkat setiap tahunnya, mencapai miliaran. Oleh karena itu, masyarakat khususnya masyarakat Indonesia perlu lebih kuat melindungi bahasa ibu mereka.

Era globalisasi yang ditandai dengan derasnya arus komunikasi telah memaksa para pembuat kebijakan bahasa untuk bekerja lebih keras menyelesaikan dan memperbaiki segala bidang yang berkaitan dengan masalah perkembangan bahasa. Di sisi lain, meskipun perkembangan bahasa Indonesia mengalami kemajuan yang cukup pesat, namun peluang dan tantangan bagi bangsa Indonesia juga semakin besar. Globalisasi dapat menyebabkan perubahan sosial yang muncul dalam perilaku sosial setiap saat, baik dalam perilaku sosial positif maupun negatif.

Selain itu, globalisasi mempengaruhi perkembangan dan pertumbuhan bahasa yang mendukung tumbuh dan berkembangnya budaya, ilmu pengetahuan dan teknologi. Konsep dan istilah baru yang terkait dengan pertumbuhan dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi secara tidak langsung memperkaya khasanah bahasa Indonesia. Indonesia merupakan ciri budaya bangsa Indonesia yang dapat dipercaya dalam pergaulan internasional di era globalisasi. Akibat dari Perhimpunan Internasional tersebut, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi akan mempengaruhi perbendaharaan kata bahasa Indonesia. Banyak bahasa asing dibangun ke dalam Bahasa Indonesia.

Arus globalisasi tentunya mempengaruhi setiap aspek kehidupan dan penghidupan manusia di alam semesta. Dampak ini meluas ke bidang pendidikan dan kebudayaan. Salah satu permasalahan dalam dunia pendidikan adalah masalah identitas bangsa. Salah satu identitas bangsa adalah bahasa. Dampak globalisasi terhadap jati diri bangsa tercermin dari sikap mendahulukan penggunaan bahasa asing dari pada penggunaan bahasa Indonesia. Indonesia dan identitas nasional sebagai simbol menantang. Masalahnya adalah internal atau eksternal. Isu eksternal itu sendiri terletak pada globalisasi.

Rakyat Indonesia di era globalisasi pasti akan terpengaruh, suka atau tidak suka. Setiap dampak menghasilkan baik positif maupun negatif. Dampak positif bahasa Inggris terhadap bahasa Indonesia adalah perluasan perbendaharaan kosakata bahasa Indonesia dengan menggunakan kata serapan. Melalui kontak dengan bahasa dan budaya lain, bahasa dapat berkembang dan mengikuti perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan. Namun, dampak negatifnya adalah karena sebagian besar orang Indonesia lebih banyak belajar bahasa Inggris, yang dianggap lebih menjanjikan untuk status dan tingkat ekonomi yang lebih baik, bahasa Indonesia mulai bergeser.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE