Pengalaman Magang MBKM Sebagai Editor dan Animasi dalam Program Talkshow

Pengalaman magang MBKM di industri televisi sebagai edito dan animasi mengasyikan karena menambah skill teman-teman

Magang berbasis MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) merupakan program magang atau praktik kerja yang dapat ditempuh oleh mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi yang telah menyelesaikan perkuliahan minimal semester 5. Program ini merupakan bentuk kerjasama universitas dengan industri guna memberikan pembelajaran mandiri bagi mahasiswa, dan menambah pengalaman  bagi mahasiswa untuk mengembangkan kompetensinya. Program magang berbasis  MBKM dilaksanakan untuk mempersiapkan mahasiswa sebagai sumber daya  manusia yang memiliki keahlian dan ketrampilan, serta siap bersaing dalam kompetisi global.

Advertisement

Universitas Amikom bekerjasama dengan industri RBTV yang bergerak dalam bidang broadcasting atau penyiaran, yang mana cocok untuk teman-teman mahasiswa yang bergerak dalam industri kreatif dan berhubungan produksi video. Kesempatan magang ini mahasiswa di beri kesempatan untuk menjalankan program talkshow bernama TalkCation. Hal ini sangat membantu mahasiswa semester 5 ataupun 6 untuk mendapat bekal ilmu tentang proses produksi dalam dunia pra hingga paska produksi dalam televisi.

TalkCation ini sudah mencapai generasi atau batch yang ke 5 dimana yang diproduksi oleh cipta karya media dan dikelola oleh mahasiswa angkatan 20 program studi ilmu komunikasi. Hal ini tidak jauh tentang berbagai pengelolaan tim dan pembagian peran agar dapat terjalanya program talkcation, karena dalam proses produksi perlu adanya kerja tim yang optimal agar mendapat hasil maksimal. Pada hal ini ada beberapa pembagian yang diterapkan oleh cipta karya media dalam pengelolaan talkshow ini. Ada tim kreatif, tim teknis dan tim produser, yang memiliki peran dan jobdesc masing-masing.

Talkshow tahun ini menerapkan bebereapa implementasi dan hal baru yang cukup berbeda dari batch atau generasi sebelumnya. Berbekal tema generasi bintang yang diterapakan, beberapa hal baru seperti teknik editing dan style animasi yang disuguhkan adalah implementasi suatu hal baru. Seperti adanya 3D animasi dan visual effect (VFX) yang dapat mendukung juga adanya maskot atau karakter sebagai representasi visual dari tema talkcation kali ini. Hal seperti ini bisa ditemukan bergantung dengan kebijakan tiap generasi atau angkatan, maka jika mengambil program MBKM ini mahasiswa akan diberikan kebebasan untuk mengulik kreatifitas seluas luasnya.

Advertisement

Sementara itu, animator disini berperan dan bertanggung jawab terhadap konsep visual dan output atau hasil akhir dari ide yang telah disepakati. Animator bertanggung jawab terhadap kualitas visual keseluruhan konten TalkCation, seperti apa yang aka ada pembaharuan tiap episodenya.

Penting untuk diketahui juga program magang ini berada dibawah KEMENDIKBUD atau kementrian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi. Menjadi mitra kerja sama dengan televisi yang menghasilkan talkshow. Dapat disimpulkan bahwa program magang MBKM di televisi menjadi hal yang wajib di coba untuk mahasiswa semester 5 ataupun 6 untuk menjelajah atau explore kreatifitas pada dunia industri televisi.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE