Pengembangan Science Corner Edukatif Meningkatkan Pembelajaran Siswa di SIT Fathona Baturaja

Pendidikan terbaik merupakan pendidikan yang menerapkan cara agar peserta didik mampu untuk memahami pembelajaran dengan baik. Pembelajaran yang baik tentunya sangat didukung dengan berbagai macam metode serta media pendukung lainnya agar tercapainya pembelajaran yang inovatif.

Advertisement

Tidak hanya itu, pembelajaran inovatif adalah pembelajaran yang lebih bersifat student centered. Artinya, pembelajaran yang lebih memberikan peluang kepada peserta didik dalam pembelajaran mandiri atau berbantuan teman sebaya. Oleh karena itu, guru lebih berperan penting dalam mengarahkan peserta didik untuk lebih kreatif dan inovatif.

Pembelajaran sains merupakan salah satu pembelajaran yang berfokus pada perkembangan kognitif peserta didik, sehingga sangat penting untuk diterapkan sejak dini sebagai bekal dalam memasuki jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Untuk merangsang proses berpikir yang lebih kreatif, menalar, menarik kesimpulan dan membuat generalisasi yang baik adalah dengan cara memahami lingkungan disekitarnya.

Pembelajaran yang menyenangkan adalah belajar sambil bermain, selain dapat meningkatkan keaktifan siswa agar semakin tertarik dalam pembelajaran sains.  Dampak yang diberikan dapat memenuhi ketuntasan hasil belajar siswa. Oleh karena itu, dikembangkan Science Corner Edukatif untuk menunjang pembelajaran sains.

Advertisement

Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, sebelum diterapkan Science Corner Edukatif minimnya keaktifan  dan keingintahuan anak terkait pembelajaran IPA, dengan diterapkan Science Corner Edukatif peserta didik lebih aktif dan rasa keingintahuannya semakin tinggi.

Science Corner dikenal dengan Pojok Sains atau sebagai gambaran Taman Pintar yang menyatukan konsep antara Reading Corner dan Family Corner dengan memperkuat aspek edukasi sains dengan menambahkan berbagai macam alat peraga, permainan seperti ular tangga sains, monopoli sains, balok sains dan dengan dilengkapi perpustakaan sederhana.

Advertisement

Untuk memperkuat aspek edukasi sains terdapat quiz sederhana sebelum berkunjung ke Science Corner Edukatif. Quiz tersebut disesuaikan dengan materi pembelajaran pada jenjang yang berbeda. Tidak hanya itu, agar pembelajaran IPA lebih menantang maka di setiap permainan dilengkapi quiz yang berbeda–beda.

Penulis berinovasi untuk mengembangkan Science Corner adalah agar siswa tidak merasa jenuh dengan Pembelajaran IPA. Kebanyakan di Era Milenial sekarang peserta didik lebih kreatif untuk mengasah kemampuan dengan memulai sesuatu hal dengan mencoba. Jadi dengan dikembangkan Science Corner harapannya peserta didik lebih termotivasi untuk mencintai pembelajaran IPA.

Science Corner Edukatif disajikan dalam kemasan yang unik dengan desain ruangan yang di khususkan, agar pembelajaran sains lebih terarah dengan baik dan peserta didik semakin tertarik untuk mengeksplorasi lebih banyak terkait dunia sains.

Science Corner Edukatif telah diterapkan di Sekolah IT Fathona Baturaja, yang sangat mendukung salah satu program unggulan dari 5 Core diantaranya Core Sains. Core Sains itu sendiri meliputi Olimpiade, Ekskul Sains dan KIR (Karya Ilmiah Remaja). Science Corner merupakan salah satu program dari core sains yang bertujuan membangun rasa ingin tahu anak terkait Sains. Sehingga, peserta didik lebih banyak mengenal lebih dalam dunia sains.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Penikmat buku dan perjalanan

CLOSE