Bosen sama foto profil media sosialmu yang hanya itu-itu saja? Itu tandanya, kamu harus segera mengupdate foto profil kamu itu dengan foto lain yang sedikit berbeda. Mungkin menggantinya dengan foto profil berlatarkan hutan yang rindang dan menyejukkan adalah salah satu ide yang bagus.

Nah, hutan Pinus Mangunan yang ada di Jogja bisa menjadi destinasi wisata alam yang tepat. Di sana banyak terdapat pepohonan yang tinggi menjulang, yang dikenal dengan nama Pinus Merkusi. Nggak heran deh kalau banyak wisatawan yang merasa kepincut dengan objek wisata ini, sebab kesejukan dan keindahan pemandangannya benar-benar mempesona. Selain itu, ada juga sebuah panggung yang dikelilingi oleh kursi yang terbuat dari kayu layaknya panggung teater sungguhan. Bolehlah dijadikan objek untuk berfoto ataupun hanya sekedar duduk santai sambil menikmati keasrian suasana sekitar.

Advertisement

Lokasi Hutan Pinus Mangunan

Sesuai dengan namanya, hutan yang sangat eksotis dan romantis ini terletak di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Hutan ini berada sekitar 24 km jauhnya dari pusat Kota Yogyakarta, dengan waktu tempuh sekitar 1 jam saja. Hutan Pinus Mangunan ini masih termasuk bagian dari kawasan Resort Pengelolaan Hutan atau yang biasa disingkat dengan RPH, dan berada searah dengan situs makam raja-raja yang ada di Imogiri.

Rute menuju ke Hutan Pinus Mangunan

Advertisement

Sebenarnya lokasi Hutan Pinus Mangunan ini bisa dengan mudah kamu temukan, karena memang ada di Yogyakarta bagian selatan. Sehingga, untuk bisa ke sana kamu bisa melalui Jalan Imogiri Timur sekaligus menuju ke makan Raja-Raja Imogiri. Tetapi, sebelum kamu sampai di makam, kamu akan melihat adanya pertigaan yang menuju ke arah Mangunan. Ambil arah tersebut sampai kamu melihat adanya dua jalur berbeda, di mana salah satunya adalah menuju ke Kebun Buah Mangunan dan satunya lagi menuju ke Hutan Pinus Mangunan. Dan karena tujuan kamu adalah Hutan Pinus Mangunan, sudah pasti jalur yang harus kamu ambil adalah jalur yang akan mengarahkan kamu ke Hutan Pinus Mangunan.


  • Harga tiket masuk ke Hutan Pinus Mangunan

Sebenarnya untuk biaya tiket masuk masih belum diberlakukan di objek wisata ini. Kamu juga bebas menggunakan kamera DSLR kamu sepuasnya, hanya saja kalau keperluan kamu di sini adalah untuk syuting ataupun untuk tujuan keramaian yang lainnya, kamu harus minta izin terlebih dahulu kepada pihak pengelola serta aparat desa setempat.


  • Jam buka Hutan Pinus Mangunan

Masalah jam operasional, Hutan Pinus Mangunan ini dibuka setiap saat dan setiap hari, dimulai dari pukul 06.00 hingga pukul 17.30 WIB. Jadi, dalam rentangan waktu selama itu, pasti kamu bisa mendapatkan banyak foto dengan latar belakang yang memuaskan.

Biaya parkir Hutan Pinus Mangunan

Nah, sekarang waktunya kamu mengetahui soal biaya parkir di Hutan Pinus Mangunan. Jika kamu membawa kendaraan pribadi berupa sepeda motor, maka kamu hanya akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp 3.000, tetapi jika kendaraan yang kamu bawa adalah mobil, maka kamu akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp 10.000. Kalau kamu justru membawa banyak rombongan sehingga menggunakan kendaraan berupa bus, maka biaya parkir yang harus kamu bayar sebesar Rp 20.000.

Mau ambil foto prewedding di sini? Boleh kok, tapi harus izin dahulu ya dan jangan lupa siapkan uang Rp 50.000 untuk urusan yang satu ini.


  • Fasilitas yang ada di Hutan Pinus Mangunan

Oke, saatnya bicara soal fasilitas yang ada di Hutan Pinus Mangunan ya. Adapun beberapa fasilitas yang bisa kamu temukan kalau kamu ada di objek wisata ini antara lain:


  1. Outbond yang harus dilalui dengan tracking jalur yang agak terjal terlebih dahulu.

  2. Toilet yang bisa membuat kamu merasa tenang berlama-lama di lokasi.

  3. Gardu pandang untuk menikmati pemandangan.

  4. Musholla sebagai tempat ibadah pengunjung muslim.

  5. Area parkir.

Nah, itulah informasi singkat soal Hutan Pinus Mangunan. Kalau kamu mau tahu versi lengkapnya, langsung datang ke lokasi saja ya! Selamat berwisata.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya