Pentingnya Data Analytics dan IT Security Bagi Perusahaan di Berbagai Sektor

Apa itu data analytics dan IT security? Dan apa pentingnya bagi sebuah perusahaan?

Semenjak penemuan mesin uap pada abad ke-18 yang menandai dimulainya Revolusi Industri, berbagai kemajuan teknologi terus terjadi. Penemuan James Watt di tahun 1776 tersebut telah menjadi awal bagi perkembangan Revolusi Industri selanjutnya seperti penemuan listrik, komputer dan robot, hingga era yang kita hadapi saat ini. Di era ini, kita dihadapkan pada Revolusi Industri 4.0 yang fokus pada tren otomatisasi dan pertukaran data. Berbagai inovasi berkembang di era ini, seperti Internet of Things (IoT), Big Data, Artificial Intelligence (Ai), dan lain sebagainya. Berbagai aspek kehidupan manusia secara dinamis terus berubah, kita terus berkembang dan beradaptasi di era disrupsi ini.

Advertisement

Tentunya, kemajuan teknologi tersebut memberi implikasi besar pada kinerja perusahaan. Untuk dapat terus bertahan, perusahaan mau tidak mau harus menyesuaikan kemajuan teknologi. Di era Revolusi Industri 4.0 yang serba digital ini, istilah "Big Data" menjadi sesuatu yang sangat krusial dan penting, termasuk bagi keberlangsungan perusahaan. Banyaknya data dari segi kuantitas dan variasi dapat menjadi solusi dari berbagai permasalahan yang sebelumnya tidak mampu ditangani oleh perusahaan. Keberadaan data berperan sangat besar dan dapat menjadi kunci bagi kemajuan perusahaan.

Pemanfaatan data bagi perusahaan dilakukan dengan proses yang dikenal dengan istilah “data analysis” atau “data analytics”. Analisis data pada dasarnya merupakan suatu proses mengumpulkan, menyusun, dan menarik informasi yang bermanfaat bagi perusahaan. Informasi yang diperoleh dari analisis data dapat digunakan untuk memaksimalkan efisiensi bisnis atau sistem secara keseluruhan. Efisiensi dapat dicapai karena analisis data dapat menunjukkan secara cerdas apa saja yang perlu diprioritaskan oleh perusahaan untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

Secara khusus, manfaat dilakukannya analisis data antara lain adalah untuk memberikan kemudahan dalam perhitungan data statistika yang dimiliki perusahaan, memperlancar proses riset pasar, mempersingkat waktu perhitungan data, dan mampu memberikan hasil yang akurat serta dapat dipercaya. Mengingat berbagai benefit dari analisis data dan urgensi kemajuan teknologi yang sedang terjadi, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan data analysis atau analisis data memang sangat penting bagi perusahaan.

Advertisement

Kemudahan yang ditawarkan teknologi melalui keberadaan analisis data memang sangat bermanfaat bagi perusahaan. Akan tetapi, ada ancaman yang mengikuti dari kemajuan teknologi ini. Salah satunya adalah ancaman penyalahgunaan data dan penyerangan seperti cyber attack. Serangan siber atau cyber attack ini dapat berupa sabotase data atau transaksi perusahaan, pencurian informasi perusahaan, pengambilalihan akses ke perangkat perusahaan secara illegal dan lain sebagainya. Jenisnya pun sangat beragam seperti denial-of-service, pengiriman malware dan virus, botnets, dan scareware.

Hal tersebut tentunya bukan sesuatu yang bisa disepelekan. Berbagai perusahaan telah mengalami kerugian besar dari serangan tersebut. Serangan tersebut dapat menyebabkan kerugian secara finansial bagi perusahaan, membuat perusahaan kehilangan data dan informasi penting, meningkatkan biaya untuk pemulihan, merusak nama baik atau reputasi perusahaan, bahkan dapat menyebabkan kerusakan berantai yang fatal pada sistem yang memiliki peran sentral bagi jalannya perusahaan. Memang pada realitanya, tidak sedikit perusahaan-perusahaan yang terpuruk bahkan bangkrut karena terkena cyber attack.

Advertisement

Mengingat ancaman yang serius dari serangan tersebut, maka perusahaan perlu mementingkan IT Security. Information technology security (IT Security) atau cyber security perlu diprioritaskan oleh perusahaan. Keamanan tentunya dapat menentukan hidup matinya keselamatan perusahaan di era digital ini. Dampak signifikan dari berbagai kemungkinan ancaman yang dapat terjadi dalam serangan siber cukup menjadi alasan yang kuat untuk perusahaan dalam mengelola IT Security-nya dengan baik. Perusahaan perlu memiliki strategi dan kebijakan keamanan data sebaik mungkin untuk menghindari beragam potensi ancaman yang mungkin terjadi tersebut.

Raden Roro Ailsa Shafira Maheswari, Manajemen Kelas Internasional FEB UNSOED 2018

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE