Pentingnya Mendongeng untuk Anak

Mendongeng perlu dikenalkan pada anak!

Dongeng adalah cerita tradisional yang diceritakan secara turun-temurun dari generasi ke generasi dengan tujuan untuk menghibur dan mengajarkan nilai-nilai moral. Cerita dongeng sering digunakan untuk membantu anak-anak belajar berimajinasi serta membentuk dan membangun karakter mereka.

Advertisement

Berdasarkan hal tersebut, dongeng memiliki manfaat penting bagi anak karena mendongeng melibatkan banyak aspek seperti membaca, mendengar, bertanya, berinteraksi dan bercerita.

Lalu apa itu mendongeng dan seberapa penting manfaat mendongeng bagi anak?

Mendongeng adalah kegiatan menuturkan sesuatu yang mengisahkan tentang perbuatan atau kejadian yang disampaikan secara lisan dengan tujuan membagikan pengalaman dan pengetahuan. Aktivitas mendongeng seperti kedekatan orang tua dan anak semakin terjalin baik dapat membantu menanamkan nilai-nilai moral, seperti kejujuran, kebijaksanaan, dan keberanian sejak dini pada anak.



Mendongeng erupakan hal yang penting yang harus dilakukan, hal tersebut ditunujakn dengan beberapa manfaat penting yang diperoleh ketika mendongeng untuk anak, yaitu sebagai berikut.

1. Mempererat hubungan anak dengan orang tua

Ketika orang tua sibuk, sebaiknya mereka meluangkan sedikit waktu mereka untuk mendongeng kepada putra putrinya, dengan kebersamaan inilah bisa membuat hubungan anak dengan orang tua semakin erat.

Advertisement



2. Meningkatkan kemampuan berbahasa dan berbicara kepada anak

Cerita dongeng yang di bacakan akan membantu melatih kemampuan anak dalam berkomunikasi dengan orang lain di sekitarnya.



3. Menanakan keceerdasan sosial dan emosional terhadap anak

Cerita yang di sampaikan dapat menjadi contoh untuk anak bagaimana nantinya anak akan mengambil setiap pelajaran yang ada dalam cerita, bagaimana ia akan bersikap terhadap orang lain baik itu dalam keluarga atau lingkungan luar, dan cerita yang ada pada dongeng juga bisa menjadikan contoh bagaimana nantinya ketika mereka menghadapi masalah.

Advertisement



4. Memperkaya wawasan anak

Cerita yang di sampaikan akan membuka banyak pengetahuan kepada anak tentang berbagai kebudayaan dan pemikiran baru. Dengan ini anak akan berpikiran terbuka terhadap wawasan yang baru.



5. Kemampuan bernalar secara verbal

Cerita yang di sampaikan nantinya akan membuat anak menjadi semakin terlatih dan memiliki kemampuan interaksi verbal yang bagus, baik itu melalui tulisan, bacaan, atau uacapan.



6. Melatih Anak untuk berkonsentrasi

Melalui cerita dongeng yang disampaikan, dapat menjadikan anak terlatih untuk memfokuskan perhatiannya untuk berkonsentrasi kepada apa yang sedang di ceritakan. 

Berdasarkan 6 manfaat mendongeng tersebut, dapat disimpulkan bahwa mendongeng merupakan hal penting dan sebuah bagian yangt tidak dapat dihilangkan dalam kehidupan. Sejak kecil seharusnya dongeng sudah dikenalkan oleh guru di sekolah dan orang tua.

Di rumah anak dibekali moral melalui cerita dari orang tuanya dan disekolah anak dijaga dan dibekali moral oleh gurunya, Karena dalam membentuk sebuah karakter dan kepribadian tidak bisa dilakukan secara seketika dan paksaan, namun harus dilakukan secara terus menerus dan penuh perhatian, oleh karena itu, mendongeng merupakan salah satu hal penting yang bisa menjadi jawaban untuk membentuk karakter baik dengan cara yang menyenangkan.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Seorang mahasiswa jurusan sastra indonesia

CLOSE