#RemajaBicaraKespro-Pentingnya Menjaga Kesehatan Sistem Reproduksi Sejak Dini

Penting banget dan nggak perlu tabu lagi

Kebanyakan orang menganggap kesehatan reproduksi terkait dengan kehamilan dan kelahiran sehingga sering dianggap sebagai urusan perempuan. Padahal baik laki-laki maupun perempuan juga perlu menjaga kesehatan reproduksi agar terhindar dari penyakit infeksi menular seksual dan bisa mempertahankan atau menghasilkan keturunan.

Advertisement

Sistem reproduksi laki-laki adalah salah satu organ terpenting dari tubuh manusia. Organ reproduksi pada laki-laki juga berfungsi untuk proses berkemih dan menentukan kesuburan. Oleh sebab itu, setiap laki-laki perlu menerapkan cara menjaga kesehatan reproduksi laki-laki.

Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan reproduksi laki-laki:

1. Menjaga kebersihan alat kelamin dengan baik

Advertisement

Bersihkan alat kelamin secara rutin untuk mencegah penumpukan kotoran dan kuman di alat kelamin yang berpotensi menyebabkan infeksi. Pastikan mengenakan pakaian dalam yang bersih dengan sering menggantinya minimal 2 kali sehari.

2. Mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi

Sperma yang berkualitas bisa didapatkan dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Makanan yang dianggap baik untuk kesehatan sistem reproduksi adalah yang kaya akan mineral zinc. Mineral ini dinilai dapat mengurangi risiko terjadinya kanker prostat serta menambah jumlah sperma yang diproduksi dan meningatkan fungsi seksual. Beberapa makanan yang mengandung mineral zinc antara lain daging sapi, daging ayam, dan kacang-kacangan.

3. Rutin berolahraga

Berolahraga baik bagi organ organ reproduksi. Selain bisa meningkatkan stamina, berolahraga dapat menurunkan risiko terjadinya penyakit yang kerap berhubungan dengan gangguan organ reproduksi seperti diabetes.

4. Beristirahat yang cukup

Istirahat yang cukup seringkali tidak dianggap penting. Padahal ini perlu dilakukan untuk membantu meredakan stres dan mengistirahatkan sementara sebagian organ di tubuh agar fungsinya terjaga dengan baik. Disarankan untuk beristirahat setidaknya 7 sampai 9 jam setiap malamnya.

5. Berhenti merokok

Kebiasaan merokok dapat menjadi faktor utama penyebab disfungsi seksual pada laki-laki dan merokok dapat mengganggu motilitas atau pergerakan sperma.

6. Jaga suhu testis tetap dalam keadaan sejuk

Jumlah sperma dapat ditentukan oleh suhu testis. Untuk memperbesar peluang mendapat keturunan, testis harus berada dalam suhu sekitar 34,5 derajat Celcius atau lebih rendah dibandingkan bagian tubuh lain, yaitu sekitar 37 derajat Celcius. Beberapa contoh sehari-hari yang memungkinkan testis terpapar panas berlebih seperti memakai celana yang ketat, menaruh telepon genggam di saku depan dan menaruh laptop di pangkuan.

 

Berikut beberapa tips agar kesehatan reproduksi tetap terjaga. Namun masih ada orang yang tidak menyadari bahwa sistem reproduksi adalah bagian yang paling rapuh di dalam tubuh. Maka dari itu, mulai dari sekarang kita harus menjaga kesehatan reproduksi agar tidak mengalami berbagai gangguan reproduksi di kemudian hari.



Referensi:


  • https://hellosehat.com/pria/penyakit-pria/10-hal-yang-terbukti-dapat-merusak-sperma/

  • https://www.sehatq.com/artikel/cara-menjaga-kesehatan-reproduksi-wanita-dan-pria-agar-tetap-subur

  • https://kesehatan.kontan.co.id/news/5-cara-menjaga-kesehatan-reproduksi-bagi-remaja-laki-laki-maupun-perempuan?page=all

  • https://www.merdeka.com/jabar/cara-menjaga-kesehatan-reproduksi-pria-cegah-munculnya-masalah-komplikasi-kln.html

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE