Pentingnya Pendidikan untuk Mengubah Suatu Bangsa, Gerbang Awal dan Membuka Pikiran yang Lebih Luas

Pendidikan dapat menjadi gerbang awal untuk mengubah bangsa

Kata yang sudah tidak asing lagi kita dengar dari Sabang sampai Merauke yaitu pendidikan. Apa itu pendidikan? Dan mengapa kita harus sekolah? Pendidikan adalah tempat belajar, tempat mengembangkan diri, dan bakat serta keterampilan sehingga dengan kita sekolah kita memperoleh wawasan yang luas dan banyak sehingga bisa mengubah cara pemikiran kita dalam melihat dunia dan cara pandang kita terhadap sesuatu. Kutipan Nelson Mandela tidak sekedar kata, namun memiliki makna yang sangat dalam. Begitu besarnya dampak dari pendidikan bagi dunia. pendidikan mampu melahirkan tokoh – tokoh luar biasa yang bisa mengubah dunia dan membuat dunia lebih baik.

Advertisement


Dilansir dari Pinterest

“Barangsiapa belum pernah merasakan pahitnya menuntut ilmu walau sesaat ia akan menelan hinanya kebodohan sepanjang hidupnya”,  kata Imam Syafii.


Menuntut ilmu itu berat banyak jalan berliku dan rintangan yang tidak mudah. Menuntut ilmu itu berat tidak hanya biaya yang terkuras, tenaga, waktu, dan pikiran juga terkuras. Belum lagi pergi pulang yang memakan waktu dan melelahkan untuk dijalani setiap hari. Dalam belajar dan mempelajari suatu ilmu tidak selalu mudah ada saja mata pelajaran yang sulit dipahami dan dicerna dengan baik, kesulitan ini juga membuat patah semangat dan seringkali putus asa maka dari itu kata ini sangat berkaitan dengan kenyataan sebenarnya bahwa memang menempuh pendidikan banyak kerumitan dan permasalahan.

Advertisement

Namun  itu bukan akhir dari segalanya, teruslah berusaha. Tetapi menjadi masalah juga jika kita tidak pernah mencoba untuk menempuh pendidikan akan salah besar jika tidak melakukannya, karena dia bukan saja keinginan, tetapi juga sudah menjadi kebutuhan yang harus dipenuhi apalagi jika tidak ada halangan. Maka janganlah sia-siakan waktu untuk menuntut ilmu, karena waktu tidak bisa diputar kembali dan kesempatan tidak datang dua kali, maka seharusnya pemikiran tentang pendidikan tidak penting itu harus dihilangkan dalam pemikiran kita, karena kita perlu untuk belajar butuh untuk menambah wawasan agar pemikiran kita tidak sempit dan kita bisa mencari solusi atas permasalahan  yang dihadapi. Pendidikan menjadi gerbang awal seseorang mengubah dirinya dan bisa membuat dia lebih berkembang. Permasalahan dunia begitu rumit dan membingungkan maka dari itu kita butuh perbekalan agar bisa bertahan dan terus tumbuh.

Apa pendidikan itu penting? Sangat penting dengan dunia yang semakin berkembang maka kita butuh menempuh pendidikan. Pendidikan tidak hanya sekadar pendidikan. Semua orang berhak menempuh pendidikan tidak ada yang bisa menghentikan orang untuk bisa menempuh pendidikan, pendidikan tidak mengenal suku, warna kulit, kaya, miskin, pandai, pintar semua berhak mendapatkan pendidikan dan pemerintah harus mengupayakan agar semua warganya bisa merasakan pendidikan.

Advertisement

Di Indonesia sudah banyak berdiri sekolah dari fasilitas memadai sampai yang tidak dari kota desa pedalaman. permasalahan masih ada anak anak yang belum bisa merasakan pendidikan, karena masalah ekonomi, masalah akses dan masalah tidak tersedianya sekolah. Masalah ekonomi ini sangat serius dan masih menjadi problem bagi banyak siswa, karena sekolah tidak murah dan pendapatan tidak bisa memenuhi itu. Maka pendidikan jadi terhenti.  


Dilansir dari jagokata “Ilmu seperti udara. Ia begitu banyak disekeliling kita. Kamu bisa mendapatkannya dimanapun dan kapapun”, kata dari Socrates.


Kita tahu bahwa pendidikan tidak hanya di sekolah kita bisa belajar di mana saja dan kapan saja, bisa belajar di perpustakaan, di komunitas, di organisasi, di kursus, dll. Banyak jalan menuju roma bahkan di masa sekarang ada informasi di genggaman kita yaitu hp di mana kita bisa eksplor dan mencari apa saja tentang ilmu dan informasi tanpa batas asalkan ada internet seharusnya sudah tidak ada halangan lagi mendapatkan ilmu. Namun dunia tidak selalu baik, dunia selalu punya cara untuk membuat kita rapuh dan putus asa.

Ternyata kita sangat membutuhkan ijazah untuk melamar pekerjaan maka dari permasalahan itu pendidikan menjadi penting. Namun ada juga sudah sarjana belum mendapatkan pekerjaan lagi lagi dunia punya caranya sendiri untuk membuat kita rapuh dan putus asa. Berbagai permasalahan yang tidak ada ujungnya. Kedua, masalah akses ini juga menjadi masalah serius semakin susah aksesnya untuk menempuh pendidikan ini menunjukkan tidak ada upaya setempat atau pemerintah memperbaiki dan terjun langsung untuk memberikan solusi. Sangan berbahaya bagi siswa jika sekolah saja harus melewati sungai yang besar menggunakan kapal, tidak ada akses jembatan untuk menyebrang, menyusuri hutan, dan lain lain. Membahayakan nyawa.

Namun meskipun begitu banyak persoalan pendidikan yang begitu banyak dan masih menjadi pr buat kita semua. Pemerintah sudah mengupayakan dan berusaha memberikan yang terbaik. Rasa sangat bangga dengan semua guru yang ada dari sabang sampai Merauke yang tiada henti memberikan napas kehidupan dan mengajarkan mereka tentang pengetahuan perjuangan mereka sungguh luar biasa dan menjadi inspirasi yang tanpa Lelah mengajari muridnya. Dan tak kalah keren juga semua siswa siswi yang ada dari sabang sampai Merauke yaitu semangat yang terus membara untuk terus menempuh pendidikan.

Teruslah belajar teruslah menggali ilmu dan teruslah berbagi manfaat tidak ada pendidikan yang sia-sia, tidak ada ilmu yang sia-sia, tidak ada perjuangan yang sia-sia semua yang terjadi pada kita adalah untuk menempa diri kita untuk menjadi orang yang lebih baik lagi. Semua orang berhak menempuh pendidikan tidak ada yang bisa menghentikan orang untuk bisa menempuh pendidikan, pendidikan tidak mengenal suku, warna kulit, kaya, miskin, pandai, pintar semua berhak mendapatkan pendidikan.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE