Peran Media Sosial yang Menjadi Lahan Pekerjaan Masa Kini Bagi Kaum Milenial

Media sosial saat ini sudah tidak bisa lepas dari kehidupan masyarakat sekarang

Media sosial adalah media daring atau online yang dapat dimanfaatkan penggunanya untuk berkomunikasi, berbagi Informasi, atau bahkan sebagai mata pencaharian.  Menurut McGraw Hill Dictionary, media sosial merupakan alat yang digunakan oleh masyarakat umum untuk berkomunikasi satu sama lain dengan metode membuat, menyebarkan serta bertukar fakta dan ide dalam sebuah jejaring dan populasi virtual. Contoh media sosial yang populer di Indonesia antara lain Facebook, Twitter, Instagram, Youtube, Whatsapp, dan lain sebagainya.

Advertisement

Fungsi media sosial antara lain untuk berkomunikasi, mencari, dan membagikan informasi. Bahkan dapat digunakan sebagai mata pencaharian. Media ini sangat populer dikalangan masyarakat sekarang karena mudah digunakan dan dapat digunakan di mana saja dan kapan saja. Disebut sebagai mata pencaharian karena pada zaman sekarang sudah banyak masyarakat yang memanfaatkan media ini sebagai sarana utama dalam mencari nafkah. 

Media sosial saat ini sudah tidak bisa lepas dari kehidupan masyarakat sekarang. Salah satu alasan mengapa hal ini terjadi adalah karena biaya yang dibutuhkan terbilang murah. Media sosial juga sangat mudah untuk digunakan karena tidak membutuhkan peralatan yang menyusahkan. Hanya dengan menggunakan ponsel pintar kita sudah bisa mengakses media sosial.

Dari data statistik yang dibuat oleh Hootsuite dan We Are Social pada Januari 2019 menunjukan bahwa pengguna internet dan pengguna media sosial aktif di Indonesia mencapai 150 juta pengguna dengan presentasi 56%. Hal ini memberikan fakta bahwa masyarakat Indonesia sudah sangat bergantung pada media sosial.

Advertisement

Kalangan yang banyak yang memanfaatkan media sosial adalah artis, influencer, atau bahkan pembisnis. Media sosial sangat dimanfaatkan oleh kalangan tersebut karena mudah digunakan untuk mencari pengikut atau followers. Hal ini penting karena dapat mempermudah mereka dalam menjalankan pekerjaan yang mereka jalani. Contohnya untuk para pembisnis, followers di Instagram sangat mempengaruhi tingkat penjualan dari barang yang mereka jual.

Dilansir dari The Next Web pada April 2018 negara yang paling banyak memanfaatkan media sosial Instagram antara lain Amerika Serikat (120 Juta Pengguna), Brazil (61 Juta Pengguna), India (59 juta Pengguna), Indonesia (56 juta Pengguna), dan Turki (34 juta Pengguna). Data tersebut dipengaruhi oleh fakta bahwa 3 dari 5 negara dengan pengguna Instagram paling banyak termasuk ke dalam 5 negara dengan penduduk terbanyak di duniayaitu Amerika Serikat, India, dan Indonesia.

Advertisement

Contoh Influencer yang memanfaatkan media sosial Instagram sebagai mata pencaharian adalah Arief Muhammad. Arief Muhammad adalah salah satu pembisnis sukses di Indonesia. Dia menggunakan media Instagram sebagai sarana promosi dari bisnis yang dijalankannya. Cara itu sangat mempengaruhi bisnisnya sehingga masyarakat Indonesia jadi tahu dan tertarik untuk membeli barang bisnisnya.

Bisnis sukses yang dijalani oleh Arief Muhammad beragam, mulai dari kuliner, clothing line, sampai dengan  bisnis tempat tinggal yaitu kos-kosan untuk mahasiswa yang tinggal di Yogyakarta. Dengan melakukan promosi di media sosial, bisnis yang dijalankannya mendapatkan banyak keuntungan, seperti masyarakat jadi tahu produk apa saja yang ia jual. Media sosial juga dapat digunakan sebagai media untuk menjual produk dari bisnisnya. Sehingga masyarakat mempunyai pilihan jika tidak dapat datang ke toko offline untuk membeli produk yang dijual.

Hal di atas hanyalah salah satu dari contoh pemanfaatan media sosial  sebagai lahan pekerjaan. Masih banyak lagi pekerjaan yang dapat dilakukan dengan menggunakan media social, seperti youtubers, content creator, penulis artikel online dan lain sebagainya. Hal ini membukti bahwa media sosial tidak hanya dapat digunakan sebagai media hiburan saja, tetapi juga sebagai ladnag pekerjaan masa kini. Maka dari itu, yuk bijak menggunakan media sosial dan manfaatkan semaksimal mungkin teknologi yang ada pada zaman sekarang.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE