Peran Perempuan dalam Bela Negara, Nggak Cuman Bisa Pamer Nama Aja Kok!

Bela Negara bari Perempuan

Bela negara adalah sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaannya terhadap NKRI. Setiap warga negara memiliki kewajiban yang sama untuk melakukan pembelaan terhadap negara tanpa terkecuali. Berdasarkan UU 1945 Pasal 27 ayat 3 yang mengamanatkan “setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara”.  Tidak ada beda antara perempuan dan laki-laki. Bahkan Sebelum negara ini merdeka banyak perempuan-perempuan hebat yang turut andil dalam bela negara, Seperti R.A Kartini yang melakukan bela negaranya dengan memberikan kontribusi dibidang pendidikan, Cut Nyak Dhien yang ikut membela negara dengan berperang bersama suaminya dan masih banyak perempuan perempuan hebat lainnya yang ikut serta juga. Kalau dilihat dari R.A Kartini bela negara tidak hanya kita harus berperang saja namun  kita bisa melakukannya dengan memberikan kontribusi apa saja yang bisa berdampak baik bagi negara ataupun rakyatnya.

Advertisement

Dilihat dari keadaan saat ini dimasa pandemi ancaman yang kita hadapi yaitu rusaknya moral anak-anak karena sosial media, disinilah peran seorang perempuan tepatnya seorang ibu untuk mengoptimalkan perannya dan menjaga anak-anak mereka. Seorang  ibu memiliki peran yang sangat penting bagaimana dia bisa mengontrol sosial media anaknya dan memberikan informasi yang tepat bagi anak mereka, karena anak adalah masa depan negara. Selain itu, seorang ibu juga bisa memberikan pembangunan karakter yang kuat untuk anak mereka, agar anak memiliki kesadaran berbangsa dan bernegara. Pembangunan karakteristik bangsa bisa dilakukan dengan memberikan pengajaran tentang ideologi negara  dan bagaimana mengimplementasikannya sesuai dengan UUD 1945. Hal tersebut juga termasuk dalam tindakan bela negara karena mempersiapkan anak untuk masa depan negara.

Dalam mempersiapkan anak untuk memberikan pendidikan bela negara bisa dilakukan sejak dini sesui dengan tingkatan usia dan pedidikan mereka. untuk pendidikan dari anak TK, SD, SMP seorang ibu bisa mengajarkan mereka secara halus, seperti membiasakan anak untuk mendengarkan dan menyanyikan lagu Nasionalisme, Menceritakan sejarah pahlawan bagaimana perjuangan mereka untuk memerdekakan indonesia, dan mengajarkan anak untuk menghargai perbedaan yang ada karena indonesia merupakan negara yang bhineka. Untuk anak yang sudah SMA dan PT (Perguruan Tinggi) bisa mengajarkan mereka seperti untuk selalu berorientasi pada kepentingan negara, Ikut memberikan kontribusi terhadap negara dengan berprestasi, dan selalu mengingatkan untuk menggunakan produk-produk dalam negeri sebagai bentuk mencintai negara ini.

Advertisement

Dalam mewujudkan Bela Negara disaat ini tidak harus ikut berperang namun perempuan bisa melakukan apapun sesuai dengan kemampuannya masing-masing, Seperti seorang ibu rumah tangga yang mengoptimalkan perannya untuk mendidik pemimpin bangsa masa depan agar menjadi generasi yang berkualitas  serta mampu menghadapi tantangan global untuk kepentingan Bangsa dan Negara.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Suka menemukan ide ide baru

CLOSE