Perubahan dalam hidup, apapun itu, nggak selamanya menyenangkan. Terkadang rasanya itu tak terkatakan ketika secara tiba tiba hidupmu berubah total. Rasanya lebih dari patah hati, rasanya lebih menyakitkan dari patah hati. Rasanya seperti kamu berubah sepenuhnya. Duniamu, dirimu nggak akan pernah sama lagi. Tapi satu yang pasti, perubahan biasanya disertai dengan harapan baru. Harapan, sebuah kata yang menggambarkan tentang adanya kehidupan. Ketika semua hal dalam hidupmu berubah, kamu pasti butuh sesuatu untuk kamu pegang, sesuatu yang bisa membangkitkan semangatmu buat memulai hidup yang baru, buat mengisi dunia barumu, saat-saat seperti inilah yang kamu butuhkan adalah harapan. Untuk terus berharap, itu artinya kamu sedang terus untuk menjalani hidupmu.

Dalam hidup ini ada banyak hal yang nggak bisa kamu hindari, ketika hal itu adalah sesuatu yang menyakitkan tentunya akan sangat susah untuk dijalani. Kamu harus ingat, seberat apapun yang hidup beri ke kamu, kamu haruslah tetap hidup. Don't ever give up. Jangan pernah berpikir untuk mengakhiri hidupmu. Milikilah harapan. Setidaknya ketika kamu masih bisa berharap, kamu akan survive.

Advertisement

Kehidupan ini dinamis, semuanya terus bergerak maju, dunia selalu berputar tanpa henti. Perubahan pun akan selalu menjadi bagian dari hidup yang harus kita jalani. Ada perubahan yang menyenangkan, ada pula perubahan yang mendatangkan air mata. Semuanya itu harus terjadi sebagai bagian dari yang namanya kehidupan. Siap atau enggak manusia harus terus menerima dan beradaptasi dengan setiap perubahan yang terjadi.

Perubahan = harapan baru.

Milikilah keberanian dalam menghadapi perubahan. Jangan ubah dirimu menjadi penuh kepahitan, tapi ubahlah dirimu menjadi lebih kuat, tangguh, dan bijak. Seperti kata peribahasa, "When life gives you lemon, make it into lemonade". What doesn't kill you, makes you stronger. " Nikmatilah hidup dengan positive vibes. 

Advertisement

Jadi ketika perubahan itu terjadi dalam hidupmu, sepahit atau semenyenangkan apapun itu terimalah, cobalah untuk menjalaninya dengan disertai harapan untuk segalanya akan jadi lebih baik. Dengan cara itulah kamu akan terus hidup. Jadikanlah ini sebagai sesuatu yang akan memperkaya dirimu, sebagai bekal kedepannya untuk kamu terus melanjutkan hidup. Tetap semangat dan keep fighting! Dan terakhir, selalu ingat bahwa ada Sang Pencipta yang selalu pegang kendali dan yang akan selalu memberi kebaikan buat kita semua pada akhirnya. Jika semuanya belum baik, maka itu bukanlah akhir teruslah bergerak maju sampai pada akhirnya.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya