Mengenal Prenatal Swimming dan Manfaatnya Bagi Ibu Hamil

Kesehatan menjadi fokus utama bagi ibu hamil. Ibu hamil tentu membutuhkan afinitas pada kondisi kesehatannya. Kesehatan ibu hamil memerlukan tanggung jawab penuh untuk kesehatan ibu dan calon buah hati. Keadaan fisiologis dan psikologis pada ibu hamil adalah suatu hal yang berbeda-beda dan keadaan tersebut akan mempengaruhi kondisi seluruh sistem di dalam tubuhnya dan keadaan janin di dalamnya.

Advertisement

Kesehatan ibu hamil tergantung dengan bagaimana pola makan, pola istirahat, dan keadaan fisik ibu. Keadaan psikologis ibu tentu akan memengaruhi pola hidup ibu dan keadaan fisik ibu akan terganggu oleh perubahan emosi yang akan ibu alami setiap harinya. Ibu hamil tentu perlu melakukan aktivitas fisik ringan agar kondisi ibu tetap fit dan dapat memunculkan perasaan senang terhadapnya. Ibu hamil diharapkan tidak hanya berdiam diri di rumah karena hal tersebut dapat menyebabkan ibu hamil merasa jenuh dan stres, sehingga hal tersebut dapat memengaruhi kondisi psikologis Ibu.

Olahraga menjadi salah satu pilihan yang bisa ibu hamil lakukan untuk menguatkan otot agar memudahkan saat persalinan. Ada beberapa pilihan olahraga yang dapat ibu hamil lakukan, yaitu berjalan kaki, senam hamil, dan berenang.

Prenatal swimming menjadi salah satu solusi bagi Ibu yang ingin melakukan olahraga pada masa kehamilan. Renang merupakan pilihan olahraga yang aman dan ringan sehingga dapat dilakukan oleh ibu hamil, prenatal swimming juga merupakan kegiatan yang menyenangkan yang tentunya akan membuat ibu merasa nyaman. Namun, tetap menjadi perhatian saat pemilihan kolam renang dan fasilitas yang aman dan nyaman bagi ibu hamil. Ibu hamil yang ingin melakukan prenatal swimming tentunya harus melakukan konsultasi dengan dokter.

Advertisement

Berenang merupakan pilihan olahraga yang baik untuk ibu hamil, karena selain dapat melatih paru-paru dan jantung, juga dapat menguatkan otot dan sendi pada ibu hamil, yang akan membantu menguatkan Ibu saat melakukan persalinan. Berenang secara rutin setiap 3 minggu sekali dengan durasi waktu 30 menit, dapat membantu Ibu saat menuju waktu persalinan.

Sebagai tenaga kesehatan, perlu memperhatikan kondisi pasien dan memberikan edukasi yang baik kepada pasien. Bidan sebagai salah satu tenaga kesehatan yang sangat berdekatan dengan ibu hamil, ibu bersalin dan ibu nifas. Peran bidan adalah mengedukasi ibu hamil untuk melakukan aktivitas fisik ringan di luar rumah agar tetap mempertahankan kondisi tubuh yang fit dah sehat. Bidan dapat memberikan informasi terkait olahraga yang dapat dilakukan ibu hamil, salah satunya adalah prenatal swimming. Dengan bidan memberikan edukasi tersebut akan membuat ibu hamil semangat untuk melakukan olahraga rutin setiap minggunya.

Advertisement

Terdapat beberapa keuntungan apabila ibu hamil rutin melakukan Prenatal Swimming yaitu diantaranya :

1. Menjaga kesehatan jantung ibu dan janin 

Prenatal swimming membuat peredaran darah berjalan lancar, dengan begitu akan memaksimalkan cara kerja oksigen di dalam tubuh Ibu dan tubuh janin.

2. Membantu Persalinan

Kehamilan dapat membuat otot menjadi lemah, prenatal swimming dapa membantu menguatkan otot dan sendi cenderung terbentuk dan kuat, hal tersebut membuat persalinan menjadi lebih cepat dan mudah. Kekuatan dan stamina yang baik dapat membuat Ibu mengendalikan konsentrasi dengan baik.

3. Memiliki daya tahan tubuh setelah melahirkan

Setelah persalinan ibu akan memasuki masa nifas, yang mana pada masa ini tubuh cenderung menjadi lemas dan tidak bugar, dengan terbiasa berolahraga Ibu akan merasa lebih kuat dan fit.

4. Memperlancar ASI 

Dengan melakukan prenatal swimming selama 3x dalam seminggu membuat peredaran darah yang lancar dapat membuat ASI lebih lancar. 

5. Memperbaiki kulit 

Prenatal swimming membuat peredaran darah menjadi lancar, kulit tubuh dapat menjadi lebih bersinar dan terlihat sehat. 

Ibu hamil juga perlu menjaga tubuhnnya agar tetap sehat hingga masa persalinan. Selain memperhatikan pola makan dan istirahat, fisik ibu hamil juga menjadi animo. Olahraga menjadi salah satu kegiatan yang dapat dilakukan pada masa kehamilan. Selain untuk menjaga agar tubuh tetap bugar, olahraga dapat membantu melancarkan saat proses persalinan.

Pentingnya untuk menjaga kondisi tubuh pada masa kehamilan, dengan rutin berolahraga tentunya bukan hanya sang ibu saja yang merasakan manfaat dari rutin berolahraga namun janin yang ada di dalam perut ibu juga pasti merasakan manfaatnya. Ibu hamil yang merasa senang dan sehat tentunya janin juga ikut merasakan kesenangan di dalam perut ibu. Dengan begitu prenatal swimming merupakan pilihan yang tepat bagi ibu hamil.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Halo, perkenalkan saya Mahasiswa D4 Kebidanan Universitas Sebelas Maret

Editor

CLOSE