Profesi Penata Anestesi Salah Satu Pekerjaan yang di Butuhkan di Tahun 2023

Solo – Tenaga medis pada tahun 2023 merupakan salah satu pekerjaan yang sangat dibutuhkan setelah era pandemi covid-19. Kita ketahui di era Pandemi Covid-19 banyak sekali tenaga medis wafat berguguran dalam bertugas di Rumah Sakit. Dari profesi Dokter, Dokter Spesialis, perawat, Bidan, Fisioterapi dll. Otomatis hal ini akan membuka lowongan pekerjaan yang banyak dalam hal tenaga medis di Rumah Sakit.

Advertisement

Selain tenaga medis yang gugur karena bertugas, juga karena banyak tenaga medis yang sudah memasuki masa pensun. Kita ketahui alokasi formasi lowongan pekerjaan pembukaan tenaga medis CPNS pada tahun 2021 sangat banyak. Hal ini diketahui dari lowongan resmi CPNS di Rumah Sakit se-Indonesia.

Tahun bertambah otomatis era juga akan berubah dan berkembang, hal ini juga bagi lowongan pekerjaan. Saat ini salah satu lowongan pekerjaan yang dicari disemua Rumah Sakit adalah profesi Penata Anestesi. Penata anestesi merupakan salah satu profesi tenaga medis dimana mempunya tugas dan fungsi melakukan asuhan kepenataan anestesi dalam tahap pra, intra dan pasca operasi.

Di Rumah Sakit penata anestesi mempunyai tugas dan fungsi salah satunya adalah melakukan persiapan pasien yang masuk yang akan menjalani tindakan operasi, kemudian memastikan bahwa pasien yang akan menjalani tindakan operasi mendapatkan pembiusan atau anestesi yang dengan baik dan benar. Selanjutnya tugas antar tenaga medis adalah membantu kerja dokter Spesialis Anestesiologi serta menjadi mitra saling menopang ketika terjadi kasus pada pasien yang dilakukan tindakan operasi.

Advertisement

Untuk sekolah Penata anestesiologi sendiri di Indonesia belum banyak menjamur seperti jurusan kesehatan lainnya seperti keperawatan, kebidanan dll. Pada tahun 2023 sudah berdiri kampus yang membuka jurusan Penata anestesi antara lain : Poltekkes Kemenkes Yogyakarta, Universitas Aisyiyah Yogyakarta, Poltekes Insan Husada Surakarta, Itekes Bali, Universitas Muhammadiyah Purwokerto, ITS PKU Surakarta, Universitas Sebelas Maret Surakarta dan Universitas Muhammadiyah Banjarmasin.

Dosen Spesialis Medikal Bedah Prima Trisna Aji menyampaikan bahwa Jurusan penata Anestesiologi merupakan salah satu jurusan yang langka dengan prospek kerja yang tinggi. Kebanyakan dikamar operasi Rumah Sakit masih belum memiliki tenaga medis Penata Anestesi yang cukup, kebanyakan kamar operasi Rumah Sakit kadang hanya memiliki Penata Anestesi satu saja. Maka dari itu untuk mencukup rasio tenaga medis penata anestesi pada tahun 2023 ke depan akan banyak membuka lowongan pekerjaan penata anestesi di Rumah Sakit. Bahkan banyak mahasiswa semester akhir jurusan Keperawatan anestesiologi yang belum lulus tetapi sudah dipesan oleh Rumah Sakit. *Red

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Bermanfaat. menyejukkan dan penyambung amal jariyah

CLOSE