Puasa Ramadan Jangan Sampai Lupa Salat Lima Waktu Karena Itu Wajib!

Semakin banyak yang hanya menjalankan ibadah puasa, tetapi tidak ada rasa kewajiban untuk menunaikan salat 5 waktu

Bulan ramadan merupakan bulan yang sangat istimewa bagi umat muslim. Banyak hal yang hanya bisa didapatkan dan dirasakan di indahnya bulan Ramadhan ini. Beberapa keutamaan juga ALLAH SWT. berikan pada bulan penuh berkah ini. Semua kebaikan dilipat gandakan oleh-Nya. Banyak orang menyambut hangat datangnya bulan ramadan ini. Semua suasana sangat dirindukan dalam bulan suci ini. Berlomba dalam mencari pahala, seperti tarawih, tadarus, bersedekah atau rindu dengan kebersamaan yang bisa didapat saat bulan ramadan seperti buka bersama atau bahkan ‘sahur on the road’. Dari mereka anak-anak yang masih muda sampai orang tua yang hanya berdiam di rumah, tidak ada yang bisa menolak hangatnya suasana bulan ramadan.

Advertisement

Tanpa disadari setiap kebiasaan yang dilakukan oleh masyarakat sekarang di bulan ramadan sedikit demi sedikit mulai berjalan ke arah yang tidak bermanfaat. Terlebih bagi mereka yang berada di lingkungan metropolis atau sejenisnya.

Seperti yang diketahui bahwa puasa ramadan merupakan rukun islam ke-3 yang wajib dilaksanakan bagi setiap muslim yang tidak memiliki halangan apapun. Tapi kebiasaan masyarakat sekarang berganti seakan puasa ramadan adalah ibadah wajib di atas segala ibadah. Semakin banyak mereka yang hanya menjalankan ibadah puasa, tetapi tidak ada rasa kewajiban dalam diri mereka untuk menunaikan salat 5 waktu. Padahal, pada dasarnya salat 5 waktu merupakan rukun islam pertama, yang artinya ibadah tersebut lebih wajib daripada ibadah yang lainnya.

Advertisement

Akan percuma jika seseorang hanya melaksanakan puasa tanpa diiringi dengan salat wajib itu sendiri. Contoh yang bisa dilihat dengan jelas pada keadaan masyarakat sekarang adalah di saat buka bersama, di mana mereka seperti hanya mementingkan kebersamaan di momen itu dan melupakan bahwa salat merupakan kewajiban yang harus ditunaikan dalam kondisi apapun. Jika seperti itu maka puasa mereka bisa dinilai percuma hanya karena meninggalkan ibadah wajib mereka salat 5 waktu.

Akan sangat disayangkan jika puasa kita hanya menghasilkan lelah dan lapar tanpa ada pahala yang masuk. Akan percuma juga jika kita tidak bisa menambah atau mendapatkan banyak pahala pada bulan yang seharusnya kita bisa dapatkan dengan mudah. Maka dari itu sebaiknya kita tetap bisa menunaikan salat 5 waktu kita selain menunaikan puasa di bulan suci ini dan juga memanfaatkan waktu sebaik mungkin, setiap menit hingga setiap detiknya untuk bisa melipat gandakan pahala dan mendapatkan ridho-Nya. Amin.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE