Dear Pukul 5 Sore Setiap Harinya, Tulisan Ini Saya Persembahkan untukmu Semata

pukul 5 sore

Di jam tangan saya saat ini menunjukan pukul 16.00 atau jam empat sore, saya masih punya waktu 1 jam lagi nih buat bercerita sambil menikmati waktu senggang.

Advertisement

Kalian pernah ngerasa nggak, kalau jam 5 sore itu adalah waktu yang paling dinantikan siapapun karena sudah menunjukkan waktunya untuk pulang? Banyak sih kegiatan yang menghabiskan waktu sampai pukul 5 sore. Ada yang bekerja, ada yang sekolah seharian penuh,ada yang mengikuti ekstrakurikuler. Ya pokoknya apapun itu, pasti jam 5 sore itu akan selalu jadi standar waktu untuk mengakhiri kegiatan tersebut.

Buat yang bekerja, jam 5 sore itu akan selalu ditunggu dan dinanti. Karena ketika waktu sudah menunjukkan pukul 5 sore, kegiatan perkantoran atau yang berkaitan dengan pekerjaan pasti akan selesai. Entah memang kerjaannya sudah selesai ataupun belum, biasanya mereka akan bergegas untuk membereskan mejanya dan bersegera melanjutkan aktivitas lainnya setelah pukul 5 sore tersebut.

Tahu nggak kenapa jam 5 sore selalu dinanti bahkan ditunggu oleh kebanyakan orang termasuk saya? Buat saya, selalu ada hal seru yang akan terjadi setelah waktu tersebut, banyak aktivitasnya. Ada yang pulang karena sudah rindu dengan keluarganya. Ada yang sekedar menghabiskan waktu untuk bercengkrama membicarakan seharian penuh kegiatan mereka, bahkan ada yang sekedar berkunjung ke mal untuk menyegarkan kembali suasana mereka setelah seharian penuh bergulat dengan kerjaannya.

Advertisement

Kalau saya, kenapa selalu suka dengan jam 5 sore bukan karena memang kegiatan di kantor saya telah selesai, lebih karena. Saya mempunyai waktu 1 jam lagi untuk menikmati proses perpindahan dari siang ke gelap, panas terik matahari hingga dinginnya angin. Lalu lalang kemacetan dan kepadatan lalu lintas, ya intinya saya sedang menikmati proses transisi waktu pada saat itu.

Kamu pasti pernah merasakan jalanan yang sama di pagi hari dan malam hari pasti akan berbeda suasananya, kalau pagi terasa sekali energinya karena semua orang bermimpi dan mengejar cita-citanya, ada yang terburu buru. Ada yang santai sambil menikmati indahnya hari dengan sebatang rokok dan segelas kopi. Well bukan sesuatu yang buruk juga bukan untuk memulai hari?

Advertisement

Pernah lihat matahari pukul 5 sore? Selalu menyenangkan, karena komposisinya pas. Nggak terlalu panas dan nggak terlalu dingin. Hawanya selalu membawa ketenangan dan kedamaian untuk kita yang sudah seharian beraktifitas hingga sore, melihat anak kecil bermain ria dengan teman temannya. Melakukan kerjasama yang baik untuk menghasilkan sesuatu yang apik.

Buat saya, matahari pukul 5 sore selalu tidak biasa, ada rasa kehangatan yang berhasil meredakan suasana keramaian disekeliling kita. Ada luka yang berhasil membuat kita menjaga dalam bentuk rahasia agar tidak membuat luka luka yang lain terbuka karena satu dua hal yang dilakukan sesama manusia.

Saya menganggap, Tuhan menciptakan pukul 5 sore memang disengaja agar terlihat istimewa buat kita semua, agar kita selalu bisa menikmati dan tidak lupa untuk selalu bersyukur atas kesempatan dan kesibukan yang kita lalui pada hari itu. Kemerah meronaan langit pada saat itu membuat kita tersenyum meskipun seharian kita terlihat murung atas hal hal buruk yang terjadi, tapi Tuhan selalu bisa membuat kita jatuh hati dengan cara cara manisnya ia untuk menjaga kita.

Sama halnya dengan waktu, saya pun akhirnya memilih jam 5 sore akan selalu menjadi waktu yang menyenangkan buat saya. Karena saya pernah merasakan gimana rasanya harus menunggu sebuah kepastian dari sebuah pertanyaan yang saya mulai, saya tidak peduli gimana setelah itu tapi, sebuah jawaban membuat saya lega atas pertanyaan saya dijawab dengan satu ketukan "iya" tepat dijawab pukul jam 5 sore 55 menit. Saya merasa manusia yang paling wah saat itu.

Dan ini sudah pukul 5 sore, sebenarnya masih banyak lagi yang pengin saya ceritakan mengenai waktu. Biasanya kalau berbicara waktu kita akan selalu membawa kenangan menjadi topik utama untuk diceritakan. Tapi, saya mencoba bercerita dengan sudut dan kisah yang berbeda meskipun keadannya sama.

Buat kamu yang seharian sudah beraktivitas sampai sore hari, silahkan dan selamat menikmati aktivitasmu yang lain, seperti mencari hiburan. Berbincang bincang dengan rekan rekan, menikmati kepadatan dan kemacetan lalu lintas hingga terurai sepi, sekadar me-review kegiatan hari ini, atau mungkin sekadar ketaman baca buku dan menikmati angin sepoi bukan hal yang buruk kok.

Kalau kita lewati jalanan yang sama di pagi dan malam hari, tentu rasanya akan berbeda. Pagi dengan energi yang melimpah ruah, malam dengan ketenangan yang ragam. Ini bukan cerita tentang gimana melalui sebuah hari, ini cerita tentang jam 5 sore. Waktu yang sangat ambigu tapi menyenangkan dan sangat seru untuk ditunggu.

Udah jam 5, saya pulang dulu. Buat kamu yang baca ini, selamat beristirahat dan semoga apa yang kamu kerjakan dari pagi hingga sore ini membawa kebaikan untuk kamu dan sekililingmu yah :)

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Pemain bola yang selalu mulai dari posisi bangku cadangan. hobi menggerutu jika melihat peluang bagus terlewatkan dan berkata " kalo gua pasti masuk tuh "

CLOSE