Di Indonesia, khususnya Pulau Jawa terkenal akan kemacetan dan tingkat polusinya yang tinggi. Hal ini karena sebagian besar pusat perekonomian di Indonesia terdapat di Pulau Jawa, sehingga banyaknya volume kendaraan baik jalur darat, laut, dan udara yang beroperasi setiap harinya, yang pada akhirnya menimbulkan polusi. Namun dibalik polusi yang dihasilkan, Indonesia juga memiliki kekayaan alam yaitu pulau-pulau cantik yang belum terjamah oleh banyak orang yang biasa disebut “surga tersembunyi”, maka tak heran banyak turis mancanegara yang datang untuk menjamah pulau-pulau cantik tersebut, salah satunya Pulau Gili Iyang.

Nama awalan dari pulau tersebut sama dengan Gili yang terdapat di Lombok, namun pemandangan yang ditawarkan pun tak kalah indah. Pulau Gili Iyang terdapat di Kabupaten Sumenep, Kecamatan Dungkek, yaitu sekitar 28 km dari pusat Kabupaten Sumenep. Sedangkan waktu yang dibutuhkan untuk menjangkau Pulau Gili Iyang yaitu sekitar 45 menit dari Desa Dungkek dengan menuju pelabuhan untuk naik perahu dan dapat dilanjutkan dengan tracking atau menggunakan kendaraan khas masyarakat Gili Iyang yaitu dokas. Kendaraan ini berupa kendaraan beroda tiga seperti odong-odong.

Advertisement

Tidak seperti Gili Labak, di pulau Gili Iyang ini tidak banyak masyarakat yang fasih berbahasa Indonesia. Nah untuk para travelers yang ingin mengunjungi pulau ini disarankan untuk menggunakan Paket Tour agar mendapatkan guide yang dapat membantu kalian saat mengeksplore pulau dan membantu dalam berkomunikasi dengan penduduk lokal. Mengunjungi Gili Iyang dijamin tidak akan membuat kalian menyesal deh travelers, karena pulau ini dapat membuat kita awet muda lho! Terbukti Gili Iyang memiliki kadar oksigen tertinggi ke-2 di dunia yaitu sekitar 21,5% berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh BBTKLPP atau Balai Besar Teknis Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit Jawa Timur.

Kadar oksigen di Gili Iyang bahkan lebih tinggi dari Laut Mati yang terdapat di Yordania. Sedangkan kandungan karbondioksida nya hanya 265 ppm dan tingkat kebisingannya 36,5 db. Banyaknya pepohonan rindang dan jarangnya kendaraan yang melintas yang membuat Gili Iyang terasa sejuk dan jauh dari kata polusi. Maka tak heran pula jika Gili Iyang memiliki angka harapan hidup yang tinggi. Terdapat ratusan penduduk di Gili Iyang yang berumur diatas 100 tahun, bahkan ada kakek-kakek yang mencapai umur 175 tahun! Keren bukan? Pulau Gili Iyang ini sangat recommended untuk kalian yang ingin tinggal di tempat dengan suasana tenang dan udara yang sejuk guys!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya