Siapa yang suka makan ceker? Ceker ayam banyak digemari lantaran rasanya yang unik. Dengan tekstur kulitnya yang empuk-empuk legit dengan daging yang terdiri dari otot-otot halus. Tapi tahu nggak, katanya kalau makan ceker ayam itu bisa membuat tulisan kita jelek, itu Mitos. Faktanya banyak manfaat bagi kesehatan jika kita mengkonsumsi ceker antara lain karena ceker kaya kolagen, baik untuk tulang kuku dan gusi, untuk menjaga kekebalan tubuh, dan masih banyak lagi.

Ceker ayam saat ini banyak digemari karena sudah diolah menjadi varian rasa, seperti olahan ceker yang saya buat kali ini namanya Ceker Ayam Bumbu Mercon Pedas. Mercon sendiri merupakan sebutan ceker ayam yang dibuat super pedas. Ceker Ayam Bumbu Mercon ini lebih nikmat jika disantap dengan nasi putih hangat. Berikut adalah resep ''Ceker Ayam Bumbu Mercon Super Pedas'' untuk menu saat Lebaran yang bisa dicoba:)

Advertisement

Bahan-bahan :

500 Gram Ceker Ayam segar

Minyak Sayur Untuk Menumis

Advertisement

1 Makan Sendok Saus Tiram

Saus Pedas Secukupnya

1 Sendok Makan Kecap Manis

Secukupnya Gula Pasir

Secukupnya Merica Bubuk

1 Sendok Teh Garam

Bahan Untuk Merebus Ceker :

250 Ml Air Bersih (untuk merebus)

Secukupnya Kaldu Bubuk Rasa Ayam

3 Lembar Daun Jeruk Purut

3 Cm Jahe (sudah digeprek)

3 Cm Lengkuas (sudah digeprek)

1 Batang Serai (sudah digeprek)

Bumbu Halus :

8 Cabai keriting

8 Cabai rawit

4 Siung Bawang Merah

6 Siung Bawang Putih

1 Buah Tomat Segar

Langkah Membuat :

1. Pastikan Ceker Ayam sudah dicuci dengan air secara bersih (jangan lupa untuk memotong kukunya).

2. Jika sudah bersihkan siapkan air bersih untuk merebus.

3. Tunggu hingga air mendidih dan harum, pastikan ceker sudah matang dengan empuk. Kemudian matikan kompor dan tiriskan ceker dari air rebusan.

4. Langkah selanjutnya, sediakkan ulekkan untuk menumbuk bumbu halus (8 Cabai keriting, 8 Cabai rawit, 4 Siung Bawang Merah, 6 Siung Bawang Putih, dan 1 Buah Tomat Segar).

5. Kemudian siapkan penggorengan serta sedikit minyak sayur untuk menumis bumbu halus jangan lupa untuk menambahkan 1 Sdt garam, gula pasir dan merica secukupnya.

6. Tumis bumbu halus hingga tercium bau harum, setelahnya tambahkan ceker ayam kedalamnya, tuangkan 1 sendok makan kecap manis, saus tiram dan saus pedas kemudian aduk.

7. Tunggu hingga semua tercampur rata, jika masakkan sudah dirasa harum. Matikan kompor lalu trakhir sajikan diatas piring yang sudah disiapkan. Tambahkan irisan tomat atau timun sebagai penghias. Selamat encoba dan enikmati:)

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya