Doctor John adalah drama medis yang dirilis di tahun ini, oleh SBS. Drama ini mengisahkan dokter anestesi yang sangat ahli dalam bidangnya. Drama ini telah dirilis pada tanggal 19 Juli 2019. Waktu untuk pemutaranya, yaitu di jam 10 malam setiap hari Jumat dan Sabtu.

Disutradarai oleh pemenang nominasi Baeksang Arts Award for Best TV Director, Su-won Jo. Nominasi ini jatuh dalam dramanya yang berjudul I Can Hear Your Voice.

Advertisement

Aktor dan aktris yang terdapat di drama dunia seputar kedokteran ini ialah Ji sung (yang pernah terlibat di drama Kill Me, Heal Me), Lee Se Young (yang pernah terlibat di drama The Crowned Clown), Lee Kyu-hyung (yang pernah terlibat di drama Stranger), dan sebagainya.

Drama ini sudah menuai rating yang cukup tinggi, yaitu sebanyak 6,7% di Seoul. Sedangkan untuk skala domestik, telah  mencapai 10,2%.

Sinopsis singkat dari drakor Doctor John

Advertisement

Cha Yo Han (dimainkan oleh Ji Sung), merupakan dokter ahli anestesiologi. Selain sebagai dokter, ia juga merupakan seorang profesor. Ia sangat menguasai dan mahir di bidangnya dan sangat. Namun, sangat disayangkan dikarenakan sifatnya yang cukup tinggi hati.

Karena atas tuduhan malpraktek yang menyebabkan pasien “terlelap” pada 3 tahun yang lalu, Cha Yo Han harus rela untuk mendekam di penjara.

Sementara itu, seorang dokter anestesiologi yang tertarik belajar dengan Cha Yo Han, Kang Shi Young (dimainkan oleh Lee Se Young) memiliki karakter yang lebih ramah dan simpatik. Ia juga bergabung dan berasosiasi dengan Cha Yo Han.

Kang Shi Young juga merupakan murid yang paling teladan di sekolah dokter. Tidak hanya seorang dirinya saja yang dokter, namun ibunya pun memiliki profesi yang sama. Karena ibunya yang menuruni kemampuan medis yang cukup baik, maka itu yang mendorong Kang Shi Young menjadi seorang dokter.

Yang menjadi tugas dari Cha Yo Han dan Kang Shi Young adalah agar dapat menyembuhkan segala macam gejala penyakit yang diderita oleh pasien, baik yang umum maupun yang tidak umum.

Tidak hanya itu saja. Khususnya, Cha Yo Han harus menghadapi seorang pendakwa yang pernah menuntutnya. Son Seok Gi ( dimainkan oleh Lee Kyu-hung) ternyata memiliki rasa tidak suka yang kuat terhadapnya dan ingin segera menjebloskannya ke dalam jeruji besi.

Jalan cerita yang tabu namun sangat menarik untuk diikuti

Drama Doctor John dapat direkomendasikan sebagai pilihan alternatif untuk drama Korea. Cerita yang disuguhkan, cukup berbeda dari jenis drakor kedokteran lainnya. Hal ini yang membuat drama ini cukup menarik.

Drama ini menceritakan tentang seorang dokter yang berani membantah kode etik yang semestinya agar pasien dapat bebas menentukan apakah ia dapat bertahan hidup atau sebaliknya. Seperti, dalam kasus euthanasia dimana merupakan tindakan untuk mencabut nyawa seseorang agar ia tidak menderita atas sakit yang dialaminya.

Tidak hanya seputar euthanasia, namun cara-cara "membunuh" halus pun diulas. Seperti memutuskan alat resuscitator dan mengakhiri proses hemodialisis. Selain itu, diekspos juga cara penyelesaian penyelidikan sumber penyakit sampai benar-benar tuntas seperti layaknya seorang detektif yang berusaha dalam menyelesaikan perkara.

Drama Doctor John telah tayang sebanyak 32 episode dan dari tanggal 19 Juli hingga 7 September 2019. Pesan yang didapatkan dari drama kedokteran ini, agar dapat pantang menyerah dan selalu memberikan usaha yang terbaik seburuk keadaan atau latar belakang apapun.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya