Untukmu yang Sedang Rindu Nenek, Menonton Film ‘The Farewell’ Akan Sedikit Mengobati

Review film The Farewell


Apa jadinya bila kamu tahu orang yang kamu sayangi, hidupnya tinggal sebentar lagi?


Advertisement

Pertanyaan ini jadi benang merah dalam film produksi tahun 2019, The Farewell. Bercerita tentang seorang nenek bernama Nai Nai yang mengidap kanker. Dokter mendiagnosis hidupnya tidak lama lagi. Kabar ini disampaikan dokter kepada adik Nai Nai. Seluruh keluarga ia beri tahu, kecuali Nai Nai sendiri. Mereka sepakat tidak memberi tahu penyakit yang diderita Nai Nai sebenarnya.

Mereka percaya kanker bukan menjadi penyebab kematian, melainkan rasa khawatir itu sendiri. Untuk menemani waktu-waktu terakhir nenek Nai Nai, diadakan pesta pernikahan palsu salah satu cucunya. Semata agar semua keluarga dapat berkumpul tanpa rasa curiga nenek Nai Nai.

Film garapan Lulu Wang ini dikemas secara apik, membuatnya terasa begitu dekat. Menontonnya seperti diajak mudik ke rumah nenek saat libur lebaran. Sayangnya liburan kali ini terasa sesak, karena harus memendam rasa pilu. Terutama Billi, cucu perempuan, yang begitu menyayangi nenek Nai Nai.

Beruntung, nenek Nai Nai selalu menebar kehangatan. Pada setiap kesempatan, nenek Nai Nai senang sekali memanjakan cucu-cucunya. Seperti memberi ingatan lama saat kita menangis karena tidak diberi uang jajan oleh ibu, nenek selalu ada untuk membantu.

Kita mengenal nenek sebagai sosok yang penuh perhatian dan penyayang. Seperti saat nenek Nai Nai bertanya kepada Billi apakah ia memakai topi penghangat atau tidak saat musim dingin. Apakah studinya berjalan lancar dan hal-hal kecil lainnya. Semua perhatian nenek terasa sangat berarti.

Advertisement

Belum lagi petuah-petuahnya tentang kehidupan yang selalu senang kita simak dengan saksama. Kita yang mungkin sering lalai dalam beribadah, menjadi lebih termotivasi setelah mendengar cerita nenek yang lebih giat. Atau, rutinitas nenek yang gemar berolahraga setiap pagi, mengajarkan kita pentingnya merawat kesehatan diri. Rutinitas itu yang ditujukkan nenek Nai Nai kepada Billi. Membuat Billi yang terlihat jarang bergerak menjadi turut bergerak mengikuti nenek Nai Nai.

Film yang berdurasi hampir dua jam ini, seperti mengajak penonton turut menjadi bagian dalam keluarga nenek Nai Nai. Percakapan yang terjadi di ruang tengah saat makan bersama, akan membuatmu rindu kumpul dengan seluruh keluarga besar. Kehadiran nenek Nai Nai dalam The Farewell, menjadi sebuah pengingat untuk selalu mendoakan nenek di mana pun ia berada.

Segera sempatkan diri menonton The Farewell dan rasakan momen-momen indah bersama nenek di dalamnya.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

bound by nostalgic things.

Editor

Not that millennial in digital era.

CLOSE