Say No To: Komitmenan Tanpa Kepastian

Ada yang rela bersabar demi sebuah kabar, ada juga yang rela berkorban mati-matian demi sebuah kepastian.

Fenomena komitmenan tapi tak ada kejelasan atau kepastian sedang marak terjadi di masyarakat, terutama dikalangan para milenial. Fenomena hubungan tanpa status alias HTS rasanya sudah jadi sesuatu yang sangat wajar dan normal di masyarakat.

Advertisement

Biasanya sih, alasannya karena takut mengutarakan cinta atau belum siap berkomitmen sehingga tak sedikit orang yang memilih untuk menjalani hubungan tanpa status ini. Ironisnya, enggak sedikit juga lho orang yang terjebak dalam hubungan macam ini tanpa menyadarinya. Well, apakah kamu sedang berada dalam situasi ini?

Banyak orang, terutama wanita, terjebak dengan kondisi ini. Terperdaya dengan dia yang hobinya mengumbar kata, pujian, serta janji-janji manis. Tapi ketika ditanya, kapan sih ke jenjang yang lebih serius? Eh dia nya mengalihkan pembicaraan secara halus. Hati-hati lho girls, jika kalian terjebak dalam hubungan seperti ini. Keliatannya sih mungkin dia serius tapi bisa jadi selama ini cuma ingin dekat dan modus.

Ingat ya sist, hubungan yang serius itu biasanya memerlukan komitmen dari kedua belah pihak. Jadi, kalau si doi enggak pernah bahkan kelihatannya anti banget untuk membahas soal komitmen, kamu wajib mempertanyakan kejelasan hubungan kalian.

Advertisement

Apalagi kalau setiap kamu ingin membahasnya, si dia langsung menjawab dengan kalimat sakti, "Udah, jalanin dulu aja" itu tandanya dia ngeles mulu dan perlu ditanyakan kejelasan hubungannya sama kamu.

Umumnya sih, kalo memang si doi serius, ia akan langsung paham ke mana sebuah hubungan harus dibawa. Kalau hubungan kalian memang serius, pasti punya satu tujuan yang pasti juga. Inilah kenapa alasan "menjalani dulu" harus dihindari, biar kamu juga gak buang-buang waktu.

Advertisement

“Tapi si doi selalu kasih perhatian dan membuat nyaman. Omongannya juga nyambung, satu hobi, satu frekuensi.” Hai sist, yuk coba berpikir lebih realistis. Orangnya memang asyik, nyambung kalo diajak ngomong, enak banget kalo diajak diskusi, tapi kita tak pernah tahu kalau ternyata dia memang pandai dalam menarik hati atau bisa saja gak hanya kamu yang jadi teman diskusi.

Kalau dia memang serius dan punya komitmen kuat menjalin hubungan denganmu, dia pasti akan memberi kejelasan. Setidaknya dia akan memberi penjelasan soal akan dibawa ke mana hubungan kalian nantinya.

Jangan sampai karena terbawa suasana dan terbuai asmara, kamu jadi gak bisa berpikir logis untuk kedepannya. Gak jarang juga kan, kamu galau berkepanjangan karena dia gak ada kabar, ketika doi ditanya, alasannya lagi sibuk dan banyak urusan. Ingat ya sist, sesuatu yang dianggap penting kalaupun sedang sibuk, pasti selalu diprioritaskan.

Mending, buat kamu yang sedang dalam hubungan yang seperti ini, lebih baik dipikir-pikir lagi. Daripada kamu ternyata kena modus dan kena ghosting, lebih baik disudahi. Karena kadang yang benar-benar diperjuangkan malah mengecewakan bahkan meninggalkan tanpa kepastian. Semua hal itu butuh kepastian, entah itu untuk memulai, mempertahankan, ataupun melepaskan.

Yang penting itu, bukan janjinya, tapi komitmennya. Bukan kata manisnya, tapi kepastiannya. Bukan hartanya, tapi tanggung jawabnya. Bukan gayanya, tapi kepribadiannya. Bukan gelarnya, tapi ilmunya. Bukan usianya, tapi kedewasaannya. Semoga seseorang yang kau ingini tak lagi datang dan pergi hari ini. Karena apa lagi yang lebih menyakitkan dibanding dibuat nyaman tanpa kepastian?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Seorang pembelajar ulung yang sedang berpetualang mencari makna kehidupan.

CLOSE