Sebenarnya hari raya masih lama yah puasa saja baru berjalan beberapa hari tapi sudah ngomongin hari raya aja, semoga saja kita bisa merayakan hari raya bersama orang-orang yang kita sayang yah. Ngomongin tentang lebaran atau hari raya idul fitri tidak lengkap rasanya jika tidak berbicara tentang kuliner lebaran. Selain kue kering, opor ayam dan ketupat yang selalu ada di meja makan ibarat kata sih sudah kaya legenda saja nggak lebaran kalau tidak ada ketupat dan kue kering hehe.

Kali ini saya akan membagikan resep yang bisa kamu coba untuk hari raya nanti. Resep ini langsung dari ibu saya yang setiap lebaran selalu memasak hidangan sayur cabai, jadi resepnya sudah nempel di otak saya . Masakannya sih sederhana tapi rasanya jangan diragukan deh, sudah klop banget sama opor ayam dan ketupat.

Advertisement

Masakan tersebut adalah sayur cabai yang dipadukan denga tempe atau oncom sesuai selera kamu deh. Sayur cabai memiliki kuah kental yang berasal dari santan jadi dijamin gurih-gurih gimana gitu.

Bumbu-bumbu yang dibutuhkan sangatlah mudah bisa kita jumpai di pasar tradisional. Diantarnya yaitu:


  • 5 siung bawang merah

  • 3 siung bawang putih

  • Serai

  • Daun salam 2 lembar

  • Lengkuas 2 ruas jari

  • Garam secukupnya

  • Kemiri

  • Ketumbar

  • Kecap manis

  • Gula

  • Penyedap alami (ebi kering)

  • Minyak goreng

Advertisement

Lalu bahan-bahan sayur yang digunakan adalah sebagai berikut:


  • Cabai hijau besar ¼ kg

  • Tempe bisa diganti dengan tahu

  • Santan

  • Terong besar 2 buah (boleh ungu atau hijau)

  • Tomat 3 buah

  • Air

Cara buatnya gampang kok


  • Pertama kamu cuci cabai hijau besar lalu potong miring dengan ukuran yang sama.

  • Setelah itu potong tempe bentuk dadu jangan terlalu besar ataupun terlalu kecil.

  • Potong terong dengan bentuk yang sama dengan tempe atau sesuai selera.

  • Langkah selanjutnya kamu harus membuat bumbu halusnya tumbuk 5 siung bawang merah dan 3 siung bawang putih, kemiri, ketumbar dan sedikit garam sebagai pengikat bumbu.

  • Goreng bumbu halus sampai harum dan berubah warna menjadi coklat. Jangan lupa tambahkan daun salam serta serai dan lengkuas yang sudah di “geprek”, supaya wanginya sampai kehidung tetangga gitu.

  • Setelah bumbu matang sempurna tambahkan air secukupnya lalu masukan cabai hijau, tempe dan terong. Air jangan terlalu banyak karna ini hanya bertujuan agar bumbu meresap. Kira-kira sampai 2 sedang gelas cukup.

  • Rebus sayur selama ± 15 menit, jangan lupa ditutup agar bumbu lebih meresap sempurna.

  • Setelah 15 menit tambahkan santan dan tomat .

  • Jangan lupa juga tambahkan ebi sebagai penyedap alami, kecap dan gula sebagai tambahan rasa manis.

  • Aduk santan jangan sampai pecah.

  • Sayur siap dihidangkan dan disandingkan dengan ketupat dan opor di hari raya idul fitri.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya