Sebelum Terlalu Banyak Mengeluh, Sudahkah Kamu Banyak-banyak Belajar Bersyukur?

Sebelum terlalu banyak mengeluh

Untukmu yang sedang dirundung dengan  berbagai masalah setiap harinya, yakinlah setiap masalah itu justru akan membuatmu lebih bijak dan dewasa nantinya.

Advertisement


"Setiap yang hidup di dunia ini pasti akan diberi ujian, dan pastinya Tuhan tidak akan memberikan ujian itu melebihi kemampuanmu."


Dalam setiap cobaan yang menghampiri, selalu Tuhan selipkan hikmah setelahnya, maka jika kamu tak dapat menghadapi dan menyerah dalam menjalaninya, maka kamu tidak akan menemukan hikmah yang tersimpan di dalamnya.

Yang namanya masalah dan ujian hidup memang tidak ada yang enak untuk di jalani, tapi nyatanya itulah kodrat kita sebagai makhluk hidup yang telah Tuhan ciptakan sepaket dengan ujian beserta hikmah yang sangat luar biasa di dalamnya. Dan hanya orang-orang berjiwa kuat yang mampu untuk ikhlas menerima dan menjalaninya.

Advertisement


Mohonlah pada Tuhanmu untuk dikuatkan hati dan jiwamu bukan meminta untuk  dikurangkan bebanmu.


Saat kamu melihat teman-teman atau orang di sekelilingmu mereka lebih bahagia, lebih beruntung karna punya banyak harta, selalu di kelilinngi orang-orang yang menyayangi mereka, terkadang kamu hanya tidak tau apa saja yang  terjadi dalam hidupnya, dan kamu juga gak tau apa saja yang sudah di lalui nya.

Advertisement

Sebagian orang memang beruntung dilahirkan dari keluarga yang serba cukup dan di kelilingi orang-orang yang menyayanginya, namun hati dan jiwa mereka lemah, sangat mudah untuk mengeluh walau dalam hal sekecil apapun dan kurang bersyukur dan menghargai sekecil apapun pemberian dan nikma Tuhan nya, dan sebagian lagi di lahirkan dengan  hati dan jiwa yang kuat walau hidupnya serba kekurangan  tapi mereka mampu melewati setiap rintangan hidupnnya dengan bahagia, dan semangat yang tak pernah padam.

Bahagia yang sederhana itu nyata adanya, yaitu bisa dengan banyak bersyukur dan kurangi keluh kesah di media sosial ataupun dunia nyata.

Lakukanlah single traveler sesekali untuk refreshing dirimu, sesekali kamu perlu melakukan itu agar kamu bisa lebih menghargai dan mensyukuri ciptaan Tuhan yang sebenarnya sangat  banyak dan luas sekali yang harus kamu ketahui, dan pastinya cara itu juga berhasil untuk mengurangi kegalauan dan keluh kesah kita di social media, karena aku sendiri sudah pernah membuktikanya.

Dan yang terpenting, kamu juga harus appreciate atau hargai sekecil apapun pencapaian yang kamu lakukan dalam hidupmu, bukan berarti harus pamer setiap pencapaian yang kamu raih, setidak nya kamu dapat memanjakan dirimu sesekali untuk sekedar treatment atau shopping barang-barang kesukaanmu, tapi jangan berlebihan juga ya. Dan cara itu juga selalu ampuh bagi setiap orang yang melakukanya untuk menghargai pencapaian nya agar selalu bisa bersyukur dan menngurangi kecanduan untuk  curhat di media sosial.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

just an amateur writer

Editor

Not that millennial in digital era.

CLOSE