Green Canyon merupakan wisata sungai yang saat ini dijadikan sebagai obyek wisata andalan di kab Pangandaran. Obyek wisata ini sudah dibuka sejak tahun 1990an dan pada waktu itu kebanyakan turis asinglah yang paling banyak berkunjung ketempat ini. Green canyon Terletak 31 Km kearah selatan Pangadaran tepatnya di Desa Kertaysa kecamatan Cijulang Kabupetn Pangandaran.

Nama green Canyon sendiri didapat dari turis asing asal prancisyang bernama Bill jhon, sedangkan nama asli dari Green canyon ialah Cukang Taneuh, Cukang yang berarti dalam bahasa sunda Jembatan Dan taneuh berarti Tanah, jadi cukang taneuh memiliki arti jembatan yang terbuat dari tanah. Untuk pembentukannya sendiri, terproses secara alamiah sehingga membentuk jembatan dengan tekstur bawah jembatannya ialah stalaknit dan stalakmit dan apabilia di lihat dari kejauhan akan terlihat seperti mulut Goa dengan tebing yang dihiasi oleh bebatuan yang dilapisi oleh lumut yang berwana hijau. Dibawah jembatan tersebut terdapat batu yang besar dan digunakan untuk tempat pemberhentian perahu pesiar.

Advertisement

Apabila anda berenang dan masuk kedalam lagi anda akan melihat batu yang merupakan salah satu icon green canyon sendiri yaitu Batu Payung, ada juga yang mengatakan mirip jamur. Dibatu ini anda dapat memanjat keatasnya (memiliki ketinggian -+ 7 meteran) dan apabila anda memiliki keberanian anda bisa lompat terjun dari atas sana dengan catatan harus dilakukan dibawah arahan dan pengawasan dari pemandu pemandu.

Ada lagi tempat unik nan indah lainnya dengan sebutan Pemandian Putri, tempat ini berjarak kurang lebih 100 meter dari Batu Payung tadi. Kenapa di sebut pemandian putri? Karena di loksai ini terdapat batu yang berbentuuk seperti Bak Mandi yang di gunakan oleh sang putri dari kerajaan setempat (saya juga masih belum tau kerjaan apa namanya heheh), dan di hiasi oleh rembesan air dari dinding batu dan stalakmit sehingga membentuk seperti air hujan. Dan tempat ini memiliki mitos yang konon katanya khasiat dari air pemandian putri ini bisa membuat anda tetap awet muda yang tau tetap tua. Dan yang jomblo makin awet jomblo nya hahaa…(becanda dikit gapapa kan)

Bagaimana? Sudah kebayangkan keindahaan alam Green Canyon serperti apa? Agar tidak penasaran mendingan datang aja langusung ke tempatnya dijamin gak bakalan nyesel lho…..

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya