Belajar Mencintai Diri Sendiri, Kalau Bukan Sekarang Kapan Lagi?

Belajar mencintai dan menghargai diri sendiri

Ada pepatah mengatakan  bahwa, sebelum mencintai orang lain kita harus mencintai diri sendiri. Ngomongin soal mencintai diri sendiri, memang gampang-gampang susah. Ada banyak orang yang merasakan cinta dan kasih sayang, namun masih berusaha untuk mencintai diri mereka sendiri.

Advertisement

Mencintai diri sendiri tentunya berbeda bagi setiap orang, mengingat tiap-tiap Individu memiliki cara tersendiri untuk menjaga dirinya. Mencintai diri sendiri, juga bisa diartikan dengan memprioritaskan diri sendiri, memberi diri istirahat, percaya diri, bersikap baik pada diri sendiri, menetapkan batasan yang sehat, serta memaafkan diri sendiri ketika tidak jujur.

Bagi banyak orang, mencintai diri sendiri adalah cara lain dari merawat diri. Untuk memperaktekannya pun, seringkali kita harus kembali kedasar seperti beristirahat dari pekerjaan dan melakukan peregangan atau memanjakan diri dengan hal yang disuka.

Pada dasarnya, orang yang mencintai diri sendiri cenderung mengetahui apa yang dirasakan, pikirkan, dan diinginkan. Namun perlu diingat bahwa, kitapun harus berfokus dengan apa yang dibutuhkan. Selain itu, untuk menerima sendiri setidaknya harus menerima perubahan secara alami terlebih yang terjadi dalam hidup kita.

Advertisement

Zaman sekarang ini, banyak orang yang sudah tau arti dari self love. Self love sendiri berarti mengenali diri dan mencintai sendiri demi tujuan kebahagiaan diri. Menerapkan self love sangatlah penting, terutama dalam kehidupan sehari-hari. Selain bisa membuat pikiran kita lebih positif, semua hal juga bisa dilakukan dengan maksimal. Orang yang berhasil mengenali dirinya sendiri, secara tidak langsung pasti akan mencintai diri sendiri karena mengetahui potensi diri.

Ada beberapa hal yang bisa sohip praktekan dalam kehidupan sehari-hari dalam melakukan self love, seperti menjaga diri sendiri dengan melakukan hal-hal yang berkaitan dengan kesehatan baik fisik maupun psikis. Menjaga tubuh bisa dimulai dengan mengubah pola makan sehat, serta melakukan olahraga secara rutin.

Advertisement

Tidak hanya itu, sohip juga bisa menerapkan self love dengan dengan cara mengekspresikan diri lewat sesuatu, seperti menggambar, menulis jurnal, memasak, dan lainnya. Tentunya dengan hal ini, kamu akan tahu apa yang kamu sukai.

Perlu diingat bahwa, sesibuk apapun  dirimu luangkan lah waktu untuk diri sendiri. Tidak sedikit  orang yang focus pada penilaian orang lain, diri sendiri akhirnya terabaikan. Jangan lupa  juga bahwa meluapkan isi hati tidaklah memalukan. Perasaan sedih, marah, dan takut adalah hal biasa yang terjadi pada seseorang, anggap saja itu bagian dari perjalanan hidup.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Selain suka buku aku juga suka halu

CLOSE