“Duh, ke UK mah ribet. Kalau pas Eurotrip, musti ngurus visa beda lagi. Satu visa cuman buat satu negara.”

Begitulah alasan yang disampaikan salah seorang sahabat ketika saya mengajaknya trip ke UK. Ternyata bukan hanya sahabat yang itu saja, beberapa teman lain juga beralasan kurang lebih sama. Memang sejak Brexit lalu, untuk masuk UK sudah tidak bisa menggunakan visa Schengen lagi. Otomatis kita harus mengurus visa UK secara khusus.

Advertisement

Tapi … Yakin, nih, nggak mau ke UK? Yakin? Sumpah?!

Apa perlu saya kasih “racun” tentang betapa spektakulernya UK, biar akhirnya baru yakin mau pergi ke UK?

Pertama yang pingin saya katakan adalah UK bukan hanya Inggris atau London. UK atau nama lengkapnya United Kingdom of Great Britain and Northern Ireland merupakan wilayah yang mencakup Inggris, Skotlandia, Wales, dan Irlandia Utara. Ada berapa negara tuh? Nah, UK nggak hanya satu negara, kan?

Advertisement

Yah, ibaratnya UK itu seperti One Direction. Saya ambil contohnya ini aja karena kebetulan boy group ini berasal dari London. One Direction kan, satu grup yang terdiri dari empat orang. Meski sebagai grup, masing-masing anggota juga punya fanbase. Back to UK, apa sih yang menarik dari UK yang bikin saya dan kamu-kamu semua wajib ke sana?

Well, ada banyak hal yang hanya bisa kamu temukan di UK. Singkatnya, UK itu seperti novel Harry Potter, penuh dengan sihir. Saya bakal tunjukin beberapa tempat yang punya sihir maha dasyat sehingga bikin kamu nggak sabar pingin segera packing. Here is the list ….

London

Ibu kota Inggris ini sudah pasti menjadi top destination ketika kita bicara tentang trip to UK. Di sini pula istana keagungan Ratu Elizabeth berdiri, Buckingham Palace, tempat di mana kamu bisa menyaksikan para penjaga istana berparade saat pergantian tugas. London tak hanya menawarkan Buckingham Palace saja. Masih ada Big Ben – jam besar kota London, London Eye – bianglala besar, Sungai Thames yang membelah kota.

Kalau kamu suka main di wahana, ada London Dungeon yang menampilkan keseraman London dan kisah-kisahnya. Kalau kamu pingin merasakan dunia Harry Potter, kamu bisa ikutan Warner Bros. Studio Tour London karena kamu bakal diajak melihat lokasi-lokasi behind the scenes film sihir paling laris tersebut. Kalau kamu pingin foto sama selebriti dunia, tenang saja ada Madam Tussaud juga di London.

Di kota yang pernah menjadi tuan rumah Olympic Games 2012 juga rutin diadakan festival. Kalau kamu suka nonton festival musik, kamu wajib catat jadwal berbagai festival musik yang bakal digelar tahun ini, sebut saja British Summer Time (5-16 Juli), Wireless Festival (6-8 Juli), dan Lovebox Festival (13-14 Juli). Kalau kamu lebih suka karnaval, jangan lupa beri tanda di kalendermu pada 26-27 Agustus karena akan ada Notting Hill Carnival, karnaval jalanan ala Karibia yang meriah di kota London.

Suka kuliner? Kalau yang satu ini kayaknya memang wajib dilakukan tiap kita trip ke mana pun deh. Mencicipi aneka panganan lokal termasuk streetfood. Dan London punya upcoming festival pada 13-17 Juni nanti, yaitu Taste of London Festival. Regent’s Park bakal disulap menjadi surga makanan. Banyak resto lokal terbaik yang bakal menyajikan hidangan spesial pada event tahunan ini.

Edinburgh

Kota ini sering dibicarakan gara-gara cara bacanya. Ada yang baca Edinberg, Edinbreg, atau Edin-edin aneh lainnya. Tapi yang tepat katanya adalah Edinbrah. Edinburgh merupakan ibukota dari Skotlandia. Buat yang pernah nonton Ayat-ayat Cinta 2 pasti tahu cantiknya kota ini.

Konon Edinburgh merupakan kota di mana J.K. Rowling mulai menulis plot Harry Potter-nya itu. Ya, nggak heran, sih, soalnya Edinburgh ini cantiknya luar biasa. Saking cantiknya arsitektur peninggalan abad pertengahan, PBB menetapkan Edinburgh sebagai UNESCO World Heritage Site. Kalau kamu ke Edinburgh, kamu wajib mengeksplor Old Town. Deretan bangunan bergaya arsitektur abad pertengahan pasti bikin kamu terpukau. Eits, jangan lupa ambil foto di sini. Mau selfie, candid, atau gaya bak model boleh saja, karena latar memukau Old Town nggak akan mengkhianati siapa pun yang melihatnya.

Source: www.edinburghcastle.scot

Di Edinburgh juga ada satu tempat yang wajib kamu kunjungi. Edinburgh Castle! Kastil di atas bukit yang pasti akan mengingatkanmu dengan Hogwarts Castle. Banyak peninggalan sejarah yang tersimpan di kastil ini. Kamu bisa lihat Stone of Destiny hingga Scottish Crown Jewels yang agung.

Glasgow

Buat penggemar sepakbola, pasti sudah kenal dengan Glasgow Celtic dan Glasgow Rangers. Dua klub raksasa liga Skotlandia ini memang bermarkas di Glasgow, kota terbesar di Skotlandia. Kamu boleh dong nonton live di stadion markas Celtic atau Rangers.

Glasgow nggak hanya terkenal karena klub besarnya, kota ini juga dinobatkan sebagai UNESCO City of Music karena banyak live music di kota ini yang udah nggak diragukan lagi kelasnya.

Loch Ness & Highland

Skotlandia tak bisa dipisahkan dengan bentang alamnya yang luar biasa memukau. Danau Lochness yang menyimpan teka-teki tentang penampakan makhluk misteriusnya hingga Highland yang hampir selalu masuk coverage wisata Skotlandia juga masuk list wajib yang bakal menyihir kamu saat mengunjungi UK.

Cardiff

Ibu kota Wales ini bisa kamu tempuh hanya dalam 2 jam naik kereta dari London. Jika Wales dikenal sebagai “land of castle”, maka Cardiff dikenal sebagai “Castle Capital”. Jika kamu ingin merasakan nuansa kastil ala negeri dongeng maka kamu harus meluangkan waktu untuk mengunjungi Castell Coch. Cardiff juga memiliki teluk yang indah apalagi bertepatan dengan tahun ini merupakan Wales Year of Water di mana banyak festival di tepi pantai akan diadakan.

Belfast

Ibukota Irlandia Utara ini jarang dibicarakan sebagai destinasi utama wisata saat melakukan UK Trip. Salah satu alasannya mungkin karena kota ini terletak di pulau yang berbeda dengan Great Britain (Inggris, Skotlandia, dan Wales). Tapi bukan berarti kota ini nggak punya spot menarik loh. Kamu ingat film Titanic.

Pasti ingatlah, apalagi denger-denger sekuel film ini bakal diputar. Nah, Belfast sekarang punya landmark baru yaitu Titanic Belfast. Ya, memang kapal legendaris itu dulu dibuat di kota ini. Di Titanic Belfast kamu bisa melihat dan merasakan hingga mendengar kisah-kisah Titanic dahulu kala.

Belfast bisa kamu tempuh dengan pesawat dari London sekitar 1 jam 15 menit. Masih banyak banget tempat penuh magis yang bisa kamu eksplor ketika kamu melakukan UK Trip nanti. Dijamin berapapun waktu yang kamu luangkan, kamu ngerasa kurang dan pingin lagi dan lagi. So… siapkan kopermu guys!

#AyoKeUK #WTGB #OMGB

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya