Ternyata Semua Bisa, Begini Cara Main di Orkestra

Jadi pemain biola di orkestra? Kamu bisa kok, coba mulai dari sini.

Melihat dan mendengarkan orang bermain alat musik, kadang bikin pengen ikutan main. Kelihatannya mudah dan asik. Apalagi kalau lihat pemain alat musik gesek yang berkelompok alias orkestra. Main biola di orkestra, yang laki-laki pakai kemeja putih dan jas hitam sementara yang perempuan pakai gaun hitam. Wih, kesannya elegan dan keren banget, ya?

Advertisement

Mungkin kamu berkeinginan untuk jadi salah satu pemain biola, tapi gak tau mulai darimana. Wah, tenang, Kawan. Banyak jalan menuju Roma. Kamu gak harus jadi siswa sekolah musik atau ikut les musik yang biayanya terhitung ‘lumayan’. Dari pengalaman penulis, kamu bisa wujudkan mimpi kamu bermain di orkestra dengan ‘nyicil’ sedikit-sedikit.

Pertama, kamu harus ada alat musiknya.

Mau minjem punya temen atau rental asal jangan nyolong kamu perlu ada alat musiknya dulu. Minimal kamu tau dan ngerasain alat musik itu. Syukur-syukur kalau ada budget lebih untuk punya sendiri. Jadi lebih leluasa untuk kamu eksplor cara mainnya. Untuk harga biola sendiri kisaran mulai dari Rp750.000, mungkin kamu akan menemukan harga di bawah itu tapi perlu cek lagi kondisi barangnya, ya. Biar lebih yakin, saat kamu beli biola coba ajak teman yang sudah paham alat musik atau bisa tanya-tanya juga ke penjual toko. Sedikit bocoran, di pasaran banyak beredar biola seharga Rp300.000-an yang terbuat dari triplek. Bentuknya emang biola, tapi suaranya…Duh! Gak karuan! Daripada rugi, lebih baik sabar dan nabung sedikit lagi untuk beli biola standar untuk pemula. 

Advertisement

Setelah ada alat musiknya? Ya, mulai eksplor.

Kamu bisa belajar dari video-video Youtube. Sekarang makin banyak channel yang ngajarin main biola untuk pemula. Dari cara megang sampai mainnya. Tapi itu aja gak cukup. PR kamu untuk menuju orkestra masih ada, Kawan. Belajar musik sendirian biasanya malah bikin makin stres, apalagi buat kamu yang belum punya basic di musik sebelumnya.

Langkah selanjutnya, kamu bisa gabung di komunitas.

Ini salah satu langkah besar kamu. Kamu bisa bertemu dengan teman-teman yang sudah jago biola dan kesempatan kamu buat mencuri menggali ilmunya! Orang-orang di komunitas biasanya akan terbuka jika kamu inisiatif ingin belajar. Kamu bisa koreksi hal-hal yang kamu pelajari dari internet supaya lebih jelas lagi. Eits, tapi jangan bingung kalau nanti kamu dapat versi berbeda dari cara pegang bow (tongkat untuk gesek di tangan kanan) atau sampai teknik-tenik yang dimainkan. Intinya, kamu coba cari cara main ternyamanmu dulu dalam bermusik.

Advertisement

Setelah bisa gesek-gesek biola, kamu perlu perhatikan untuk membaca partitur, kerta-kertas isinya nada yang mirip tauge gelantungan. Itu jadi salah satu tantangan kamu, baca notasi balok. Kamu butuh motivasi ekstra buat pelajari ini dari dasar, asal tekun pasti bisa. Nah, komunitas ini jadi jalan alternatif buat kamu yang memang gak berkesempatan serius di sekolah musik atau kursus musik. Di sini kamu juga bisa ngulik informasi terkait event-event yang akan datang.

Trus, harus mulai nyari komunitas dimana?

Jawabannya, ya, media sosial. Di facebook banyak grup untuk pecinta alat musik klasik biola, kamu bisa gabung dan bertanya tentang perkumpulan biola yang ada di kotamu. Nah, untuk ikut orkestra, biasanya banyak lembaga musik yang mengadakan pendaftaran untuk jadi pemain di acara konsernya. Biasanya acara-acara tersebut untuk memperingati hari-hari besar seperti 17 Agustusan, Hari Kartini, Hari Ibu dan masih banyak lagi.

Kalau sudah punya skill, jangan takut untuk daftar event-event pertunjukan terkait biola. Biasanya, setelah mendaftar nanti kamu akan dikirimkan partitur lagu untuk kamu mainkan kemudian datang dan ikut seleksi. Atau, kalau komunitasmu sudah mumpuni untuk bisa konser sendiri, kenapa, nggak? Kamu dan teman-teman se-per-biola-anmu bisa juga membuat acara konser sendiri untuk unjuk kebolehan. 

Musik untuk semua orang, jangan takut untuk belajar dan ingat ya, gak ada kata terlambat untuk belajar.

Yuk, semangART!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Seorang mahasiswa semester akhir program studi jurnalistik. Senang menulis entah sejak kapan, senang main biola juga dan jalan-jalan.

CLOSE