Semua orang pasti pernah pergi ke kebun binatang. Beberapa dari kalian juga pasti pecinta binatang. Di setiap kota pasti ada kebun binatang yang menunjukkan binatang tradisional dari daerah tersebut, namun tidak semua binatang ada di setiap kebun binatang. Nah, binatang-binatang langka itu lah yang biasanya menjadi pusat perhatian turis-turis yang sedang travelling.

Advertisement

Ada banyak binatang yang terkenal karena memiliki ciri-ciri yang unik. Contohnya, monyet bekantan yang terkenal dengan hidung panjangnya, atau burung merak yang terkenal karena ekornya yang sangat indah. Namun, sebenarnya ada banyak sekali binatang yang unik di dunia ini. Nah, apa kalian pernah dengar ada binatang yang sangat suka selfie? Mungkin terdengar asing atau aneh, tapi binatang asal Australia ini benar-benar binatang yang unik.

Kebanyakan orang-orang hanya mengetahui koala dan kangaroo sebagai binatang yang asal Australia. Ternyata, binatang yang asalnya dari Australia bukanlah ini dua saja, Walaupun tidak terkenal seperti mereka berdua, tetapi binatang-binatang ini juga punya keunikan. Salah satu binatang asal Australia yang disebut dengan binatang yang suka selfie adalah Quokka. Quokka tinggal di pulau-pulau kecil di dekat pantai-pantai Australia Barat. Mereka biasanya hidup di daerah-daerah dekat pepohonan. Walaupun mereka bukan binatang yang terancam punah, mereka termasuk binatang yang langka karena habitat aslinya hanya di pulau-pulau Australia.

Advertisement

Quokka adalah bagian dari keluarga macropod. Macropod adalah sekelompok  jenis mamallia marsupial yang tinggal di Australia dan merupakan herbivora. Binatang-binatang yang termasuk dalam kelompok macropod adalah kangaroo, walabi, nabarlek, dll. Quokka merupakan mamallia yang kecil, dan hanya memiliki berat sekitar 5.5 kg saat dewasa. Panjang badan mereka sekitar 20 inci dan panjag ekornya sekitar 12 inci. Besarnya tidak melebihi kucing atau anjing rumah kalian.

Quokka adalah binatang yang terkenal karena binatang ini selalu terlihat bahagia. Tetapi, mereka masih memiliki kuku yang tajam. Jadi untuk anak-anak, jangan terlalu dekat. Sebenarnya, masa hidup mereka hanya sekitara 10 tahun. Mereka membutuhkan waktu sekitar 2 tahun sampai mereka tumbuh dewasa. Ibu dari quokka hanya bisa memiliki 1-2 anak per tahun. Biasanya quokka hanya memiliki satu anak setiap tahun, maka pertumbuhan populasinya tidak begitu drastis.

Salah satu ciri Quokka yang juga dianggap unik adalah kantong perutnya. Quokka ternyata juga memilliki kantong perut seperti kangaroo. Kangaroo memiliki kantung perut yang sangat lebar dan hangat untuk membawa anaknya dan juga melindunginya. Fungsi kantong perut quokka juga sama seperti kangaroo.  Setelah bayi quokka keluar dari rahim ibunya, ia pindah ke kantong ibu. Mereka terlindungi dan diberi makan selama beberapa bulan. Setelah sekitar setahun, mereka sudah siap kawin dan dilepaskan dari kantong perut ibunya. Namun, ada beberapa cara hidup quokka yang lumayan membingungkan. Contohnya, bila seorang ibu quokka merasa terancam dengan predator, mereka  melempar anaknaya sebagai pengalihan agar mereka dapat kabur dari predator tersebut. Sangat aneh untuk membuat pengorbanan seperti itu, tetapi mungkin seperti itulah cara mereka bertahan diri agar bisa hidup.

Quokka merupakan herbivora, jadi mereka hanya makan tumbuhan dan daunan. Mereka biasanya memakan kulit kayu, rumput, dedaunan, atau bahkan batang tanaman. Tetapi quokka tidak memiliki konflik saat mencari makan. Biasanya pada suatu habitat, binatang-binatang saling berkompetisi untuk mendapatkan makanan dan bertahan hidup. Tetapi, quokka hidup secara damai dengan satu sama lain dan tidak suka saling berkompetisi. Namun, cara makan Quokka ternyata berbeda dengan binatang-binatang lain. Biasanya mamallia mengunyah makanan mereka saat sudah masuk ke dalam mulut. Lalu, mereka menelannya setelah lama mengunyah. Namun, quokka memiliki cara makan yang berbeda. Mereka langsung memasukkan semua makannya ke dalam mulut mereka. Mereka langsung menelan makanannya. Lalu, mereka memuntahkan makanan mereka dan kembali memakannya lagi. Alasan mereka melakukan ini adalah makanan yang sudah dimuntahkan mengandung lebih banyak nutrisi dibanding makanan yang masih utuh.  Mungkin cara mereka makan sedikit jorok, tetapi cara mereka adalah cara yang sangat unik.

 Alasan mereka disebut binatang yang paling bahagia adalah karena mereka selalu terlihat tersenyum. Mereka sempat terkenal di tahun 2015 karena banyak sekali orang-orang yang melakukan selfie dengan binatang ini. Yang membuat binatang ini terkenal adalah saat turis-turis foto dengan mereka, mereka sedang tersenyum juga. Beda dengan binatang lain, mereka tidak takut dengan adanya manusia dan mereka tidak peduli dengan keadaan sekitar mereka. Maka dari itu, turis-turis bisa melihat mereka berlari di tengah-tengah taman atau dekat pepohonan. Mereka juga bisa saja masuk ke dalam bangunan atau restoran yang di sekitarnya terdapat pepohonan. Terkadang, ini mengganggu orang-orang local yang tinggal di pulau Australia tersebut. Namun, walaupun quokka tidak takut dengan manusia, dinyatakan illegal untuk mengambil quokka liar dan menjadikannya binatang peliharaan.

Walaupun mereka tidak peduli dengan keadaan sekitar mereka, habitat mereka telah berkurang secara perlahan. Ini disebabkan oleh pembuatan bangunan-bangunan baru yang memakan lahan pepohonan yang sebenarnya adalah habitat mereka. Lalu, mereka juga hanya tinggal di pulau-pulau Australia Barat. Maka dari itu, habitat quokka telah berkurang secara banyak dan apabila ini terus terjadi,quokka bisa saja menjadi binatang yang terancam punah. Mungkin sekarang populasi mereka bukanlah angka yang menggawatkan, namun kita tetap harus membantu menyelamatkan populasi-populasi binatang seperti quokka ini.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya