#RemajaBicaraKespro-Siklus Menstruasi Tidak Teratur, Normal Nggak Sih?

Normal nggak sih jika siklus menstruasi datang setiap 3 bulan sekali bahkan 1 tahun sekali?

Teman-teman ingat nggak momen-momen di saat pertama kali tau bahwa kamu mendapatkan menstruasi? Kalau aku sih inget-inget lupa. Yang pasti, menstruasi pertamaku didapat ketika aku duduk di bangku kelas 1 SMP ketika aku berusia 12 tahun.

Advertisement

Panik? Lumayaan, hehe. Untungnya ibuku sedikit banyak sering menjelaskan apa itu menstruasi. Tentang kenapa hanya perempuan saja yang mengalaminya dan setiap berapa kali kita akan mengalami hal tersebut.

Ketika kecil, ibuku berkata bahwa menstruasi bisa terjadi kepada perempuan setiap satu bulan sekali dalam durasi 2-7 hari. Seiring bertambahnya usia, ada satu fakta yang cukup mengagetkan untuk diriku. Bahwa ada beberapa temanku yang siklus menstruasinya tidak teratur seperti 2 kali dalam sebulan, 3 bulan sekali, bahkan ada yang 1 tahun sekali. Sementara yang kutau adalah setiap satu bulan sekali.

Ternyata setiap perempuan memiliki siklus menstruasi yang berbeda-beda. Siklus menstruasi yang normal biasanya terjadi dalam rentan 21 hingga 35 hari dan berlangsung selama 2 hingga 7 hari.

Advertisement

Beberapa tahun pertama setelah dimulainya menstruasi, biasanya wanita mengalami siklus menstruasi yang cukup panjang dan akan cenderung memendek dan menjadi teratur seiring bertambahnya usia. Menstruasi masih dianggap normal jika kamu masih mengalami menstruasi teratur setiap bulannya dengan siklus 21 hingga 35 hari.

Siklus haid yang tidak normal biasanya terjadi kurang dari 21 hari atau lebih dari 35 hari, tidak mengalami menstruasi selama 3 siklus berturut-turut, dan periode menstruasi yang lebih dari 7 hari. Gejalanya seperti keram, mual, dan muntah yang berlebihan selama menstruasi.

Siklus menstruasi yang tidak normal bisa menjadi sebuah pertanda adanya gangguan seperti amenore (kondisi tidak terjadinya menstruasi atau tidak haid), oligomenore (periode menstruasi seorang perempuan pada usia subur tidak teratur), dismenore (nyeri menstruasi), dan pendarahan pada uterus.

Jika kalian mengalami siklus menstruasi yang tidak normal, baiknya bicarakan kepada orang tua, kakak, dan orang yang dipercaya agar mendapatkan penanganan lebih lanjut dari dokter. Jangan takut untuk berbicara dengan orang tua mengenai menstruasi karena menstruasi bukanlah hal yang tabu untuk dibicarakan. Lagipula, itu adalah salah satu cara untuk mencintai diri sendiri adalah dengan lebih mengenal diri sendiri.

Untuk info mengenai topik kesehatan seksual lainnya bisa dicek melalui akun Instagram @doktergenz_id ya!

 

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

mahasiswi pendidikan bimbingan dan konseling universitas jambi.

CLOSE