Ada beribu alasan yang tidak bisa disanggah untuk membatalkan sebuah perjalanan. Saat duet perjalananmu membatalkan keikut sertaannya dalam perjalanan yang sudah kalian rencanakan, bukan berarti perjalanan itupun batal seketika. setidaknya itulah yang berada di pikiranku saat beberapa kawan yang akan ikut mendadak membatalkan keikut sertaannya. Walaupun pembatalannya tidak terlalu mendadak tapi tetap saja membuat aku gamang apakah perjalanan ini dilanjut atau dibatalkan saja.

Mulai berfikir dan mulai mencari referensi liburan lain. Mulai mengajak teman lain untuk ikut ke dalam perjalanan tersebut. Mencari tujuan perjalanan yang tidak lebih dekat agar tidak terlalu memakan waktu panjang dalam perjalanan yang akan dilakukan seorang diri.

Advertisement

Semua di luar rencana awal, tidak ada kawan perjalanan atau juga tidak mendapat tujuan yang lebih baik. Di suatu malam dalam sebuah perjalanan selepas kembali bekerja, terbesit dipikiran kenapa tidak di lanjutkan saja perjalanan ini? Setidaknya beberapa perjalananku sudah pernah melakukan perjalanan sendiri dan aku bisa melawati semua halangan dan rintangan selama di perjalanan. Selama persiapan di rasa lebih dari cukup kepercayaan diripun akan tumbuh secara tidak langsung untuk menguatkan mental diri.

Setelah dipikirkan rasanya aku mampu menjalankan perjalanan ini seorang diri, kuncinya adalah percaya diri saja toh persiapan pun sudah disiapkan secara lengkap. jika terjadi apa-apa nanti dijalankan aku harus sudah siap menghadapi dan menyelesaikannya sendiri. 

Saat melakukan perjalanan sendiri rasa bosan itu pasti ada, karena tidak adanya teman jalan untuk berbincang saat berisitirahat. Semua harus diputuskan sendiri, secara langsung akan menjadi membentuk jadi diri dan kepercayaan diri. Bila keputusannya benar kamu akan mendapat kebangaan sendiri, namun jika keputusanmu salah kamu akan menyalahkan diri sendiri. Namun jangan terlalu menyalahkan dirimu lama-lama, karena perjalananmu tetap dilanjutkan. Jadikan semua itu pelajaran pengalaman bagi dirimu untuk bisa membuat keputusan yang lebih baik.

Advertisement

Melawan rasa bosan, perjalanan seorang diri memang sangat membosankan tidak adanya teman membuat kita justru bingung untuk berbagi atau sekedar berbincang saat beristirahat, justru secara positifnya adalah ini merupakan momen kita untuk berbincang dan tidak malu untuk bersosialisasi dengan orang baru yang kita temui di jalan dan belum kita kenal. Memulai perbincangan dengan orang baru untuk hanya sekedar bertanya akan menjadi pintu masuk untuk memulai perbincangan lebih dalam lagi. Selain itu kamu bisa lebih menghargai waktu, menghargai waktu untuk lebih banyak beristirahat mengenal dirimu lebih jauh lagi juga membentuk karakter dirimu yang belum kamu eksplorasi yang bisa membuat hidupmu mandiri. 

Saat sudah bisa mengenal diri sendiri, perjalanan tak akan lagi membosankan justru kamu akan lebih menikmati perjalanan. Waktupun akan berjalan seperti biasa tidak seperti jika kamu tidak nyaman dan terjebak dalam kebosanan seakan waktu berjalan sangat lambat. Menganggap seperti dalam perjalanan ini kamu tidak sendirian, selalu ada orang yang bersama di selama perjalananmu.

Ini adalah cerita pengalamanku melakukan perjalanan seorang diri. Bagaimana dengan kamu, sudah siapkah kamu untuk melakukan perjalanan sendiri pertamamu? Kini siapkan ranselmu dan mulailah langkah pertamamu untuk melakukan perjalanan sendirimu.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya