Candi Ijo Jogja – Candi ini disebut sebagai candi tertinggi karena memang lokasinya ada di atas bukit yang tingginya mencapai 357,402 mdpl – 395,481 mdpl. Candi ini merupakan candi yang bercorak Hindu yang dibuktikan dengan ragam relief di bagian dinding candi yang dibangun sekitar abad ke-10 hingga ke-11 saat pemerintahan Kerajaan Medang. Secara keseluruhan Candi Ijo adalah candi dengan teras yang berundak undak, di mana bagian terbawahnya ada di sisi sebelah barat dan bagian tertingginya ada di sisi sebelah timur, karena mengikuti kontur bukitnya. Yang pasti, Candi Ijo ini adalah objek wisata yang pas buat kamu para pecinta sunset.

Lokasi Candi Ijo Yogyakarta

Lokasi Candi Ijo berada di Jogja, lebih tepatnya berada di Dukuh Groyokan, Desa Sambirejo di Desa Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Candi ini berada sekitar 18 km jauhnya dari Kota Yogyakarta dan hanya 4 km saja dari Candi Ratu Boko yang terkenal itu. Candi Ijo ini berdiri di atas sebuah bukit, namanya Gumuk Ijo, yang masih merupakan bagian dari Perbukitan Batur Agung. Berada di sini, kamu akan tahu bahwasanya kompleks candi ini membuka ke arah barat dengan pemandangan indah berupa Pantai Parangtritis dan areal persawahan.

Akses atau rute menuju ke Candi Ijo

Soal akses atau rute menuju ke Candi Ijo nih. Kalau kamu memulai perjalanan dari Kota Yogyakarta, kamu bisa langsung menuju ke Jalan Jogja – Solo atau jalan yang menuju ke Candi Prambanan. Nah, sebelum mencapai Candi Prambanan, terlebih dahulu kamu akan melihat ada pertigaan, belok kanan di pertigaan ini lalu terus ikuti jalan sampai kamu bertemu Candi Ratu Boko tetapi masih sebelum SMPN 1 Prambanan. Di sini, kamu akan melihat adanya perempatan, ambil arah yang ke timur atau belok kiri dan langsung ikuti papan petunjuk yang ada di sana yang akan mengarahkan kamu ke Candi Ijo nantinya. Tidak sulit bukan mencarinya? Tetapi, kamu harus selalu berhati-hati ya, karena jalan menuju ke Candi Ijo ini lumayan curam dan bergelombang.

Advertisement

Berapa harga tiket masuk Candi Ijo?

Murah kok, hanya perlu keluarkan kocek Rp 5.000 saja per orangnya. Terjangkau bukan? Itu adalah harga tiket masuk untuk wisatawan lokal, lalu bagaimana dengan wisatawan asing? Nah, kalau untuk wisatawan asing, harga tiket masuknya adalah 2 kali lipatnya, yakni Rp 10.000 per orang.

Jam operasional Candi Ijo

Penting, kalau kamu mau datang ke Candi Ijo, jelas kamu harus tahu jam operasionalnya supaya benar-benar bisa menikmati Candi Ijo ini dari dekat. Jadi, Candi Ijo ini dibuka setiap hari, mulai pukul 06.00 WIB – 17.30 WIB. Sebagai bocoran nih, karena lokasi Candi Ijo yang ada di atas bukit, kamu bisa sekalian menikmati sunset dari ketinggian loh. Tetapi, jika berbicara soal waktu terbaik berkunjung ke Candi Ijo, jawabannya jelas, yakni sore hari saat matahari tidak terlalu panas. Jangan lupa bawa kamera untuk mengabadikan keberadaan kamu di candi ini ya.

Biaya parkir Candi Ijo

Masalah biaya parkir, kamu hanya harus membayar sebesar Rp 2.000 saja kok jika membawa motor. Terjangkau bukan?

Fasilitas yang ada di Candi Ijo

Mengenai fasilitas, Candi Ijo sudah dilengkapi oleh pos penjagaan yang siap memberikan kamu data mengenai Candi Ijo, baik itu berupa sejarah keberadaan Candi Ijo, proses pemugaran hingga penemuan-penemuan yang lainnya. Selain itu, objek wisata sejarah ini juga sudah dilengkapi oleh mushola, pos satpam, toilet serta warung yang menjual makanan, alternatif jika kamu merasa lapar.

Demikian info seputar tempat wisata Candi Ijo Jogja, segera kunjungi saat anda berlibur di Yogyakarta. Salam wisata.