Tak Perlu Takut Jadi Wanita Mandiri. Hey, Ini Hidupmu, Tak Perlu Dengarkan Orang Lain

Tak Perlu Takut Jadi Wanita Mandiri

Di era sekarang ini, emansipasi wanita sudah semakin didukung. Wanita diperbolehkan untuk mendapatkan pendidikan setinggi-tingginya dan diizinkan untuk melakukan berbagai macam pekerjaan yang biasanya dilakukan oleh kaum pria. Akan tetapi, stigma masyarakat yang ada masih menjadi sesuatu yang menghantui para wanita untuk menjadi versi terbaik dari dirinya, misalnya umpatan seperti  "kamu nggak usah sekolah tinggi-tinggi, nanti susah dapat jodoh lho!" atau "Ngapain kamu kerja? Wanita itu baiknya di rumah saja!" masih sangat sering terdengar.

Advertisement

Wanita mandiri cenderung dianggap susah untuk didapatkan. Terlebih lagi jika ia memiliki karir, penghasilan, atau pencapaian apapun yang melebihi kaum pria. Wanita mandiri dipandang menakutkan karena mampu membuat kaum pria jadi merasa insecure. Karena mayoritas orang masih menganggap kemapanan seorang wanita tidak boleh melampaui kemapanan seorang pria. Wanita tidak boleh terlalu pintar, tidak boleh terlalu kaya, ataupun memiliki kelebihan lainnya yang melampaui pria karena pada derajatnya, wanita berada di bawah pria. Girls! Jangan takut, itu artinya pria tersebut tak pantas untuk memilikimu, karena wanita mandiri sepertimu harus diperjuangkan. Hanya yang terkuat yang dapat memenangkanmu.

Menjadi wanita mandiri dan berpenghasilan merupakan wujud terima kasih kita terhadap perjuangan yang sudah diberikan orang tua. Ketika wanita memiliki penghasilannya sendiri, ia bebas mempergunakan hasil kerjanya untuk apapun yang ia mau, termasuk jika ia ingin memberikannya kepada orang tuanya. Ataupun ketika ia ingin memiliki suatu barang, ia dapat mempertimbangkan sendiri ia akan membelinya atau tidak. Wanita yang memiliki penghasilannya sendiri lebih berani menghadapi masa depan yang menantinya. Ia mampu membiayai kebutuhannya sendiri dan mengatur sendiri keuangannya.

Advertisement

Selain itu, sebagai seorang wanita tidak perlu takut untuk mencapai pendidikan setinggi-tingginya ataupun menggapai karir sebaik-baiknya. Carilah tempat terbaik yang ingin kamu tuju. Hiraukan saja kata-kata negatif yang tidak mendukung hal baik tersebut, abaikan orang-orang toxic yang mengacaukan rencana hebatmu. Perjuangkan saja apa yang menjadi impianmu, jangan khawatirkan tanggapan orang lain selagi yang kamu lakukan baik dan dapat memberi manfaat.

Sangat penting bagi wanita untuk menjadi seseorang yang mandiri, wanita tidak boleh terlalu bergantung pada orang lain atau mengandalkan sesuatu untuk membantunya. Jadilah wanita yang mandiri agar tidak dianggap remeh oleh kaum pria.  Wanita itu harus serba bisa. Jangan sia-siakan emansipasi yang sudah makin terbuka dan luas. Toh, tidak ada yang bisa menjamin akan selalu ada orang yang akan membantumu.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement
loading...

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Not that millennial in digital era.

CLOSE