Kumis kucing (Orthosiphon stamineus Benth) Merupakan jenis tumbuhan yang biasanya dimanfaatkan sebagai tanaman hias oleh sebagian orang yang mencintai tanaman hias. Tanaman ini memiliki daun berbentuk telur taji dengan tepi bergerigi kasar. Bunganya mengeluarkan benang sari dan putik berwarna putih atau ungu. Benang sarinya berukuran lebih panjang daripada tabung bunganya, dan bisa melebihi bibir bunga.

Tanaman yang berasal Afrika tropis dan kemudian menyebar ke wilayah Asia dan Australia ini tumbuh di tempat-tempat yang kering maupun basah sampai ketinggian 700 meter di atas permukaan laut. Namun siapa sangka dibalik kecantikannya itu, kumis kucing juga mempunyai khasiat yang bagus terutama untuk kesehatan.

Advertisement

Secara kimia kumis kucing banyak mengandung glikosida orthosiphonin yaitu suatu zat yang berfungsi untuk melarutkan asam urat dan fosfor didalam tubuh kita, dikandung kemih dan empedu, serta masih banyak lagi kandungan dan manfaat yang lainnya dari kumis kucing.

Sifat dan Khasiat Herba kumis kucing rasanya manis sediit pahit, sifatnya sejuk. Berkhasiat anti radang, peluruh kencing (diuretik), menghilangkan panas dan lembab, serta menghancurkan batu saluran kencing.

Kandungan Kimia Orthosiphonin glikosida, zat samak, minyak asiri, minyak lemak, saponin, sapofonin, garam kalium, mioinositol dan sinensetin. Kalium berkhasiat diuretik dan pelarut batu saluran kencing, sinensetin berkhasiat antibakteri.

Advertisement

Bagian yang Digunakan Bagian yang digunakan adalah herba, baik yang segar maupun yang telah dikeringkan.

Indikasi Herba kumis kucing digunakan untuk pengobatan:


  1. Infeksi ginjal akut dan kronis

  2. Infeksi kandung kencing (sistitis)

  3. Kencing batu

  4. Sembaba karena timbunan cairan di jaringan (edema)

  5. Kencing manis (diabetes mellitus)

  6. Tekanan darah tinggi (hipertensi)

  7. Rematik gout

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya