Bukan tanggung jawab pemerintah, bukan tanggung jawab orang tua, bukan tanggung jawab siapa pun. Tidak peduli apa yang dilakukan oleh diri kita sendiri, namun keberhasilan dan kegagalan adalah tanggung jawab diri kita sendiri bukan orang lain

Hanya menunggu orang lain bertindak untuk Anda atau Anda bertindak untuk diri sendiri? Siapa pun tidak ada yang bisa saya andalkan kecuali Allah dan saya sendiri. Oleh karena itu bertanggung jawablah atas nasib saya sendiri.

Advertisement

Lihatlah sekeliling, banyak orang yang gagal dan banyak orang yang sukses. Ini berarti keberhasilan bukan disebabkan oleh orang lain, tetapi diri sendiri. Dari pada saya menggantungkan diri kepada orang lain, bergantunglah hanya kepada Allah dan tetaplah berusaha dan terus berdoa agar yang kita inginkan bisa tercapai.

Dengan bertanggung jawab atas diri saya sendiri, saya dapat memulai sebuah perjalanan yang sangat berlimpah. Dari kehidupan miskin menuju kehidupan yang makmur. Bukan hanya makmur dalam hal harta belaka, namun makmur pada segala bidang, makmur akan uang, makmur akan cinta, makmur akan kebahagiaan, makmur akan hubungan, makmur akan petualangan dan makmur-makmur yang saya impikan. Kehidupan saya sekarang adalah hasil dari apa yang saya pikirkan dan lakukan pada masa lalu. Lihatlah kehidupan saya di masa mendatang, karena itu yang saya tuju, karena saya maju ke depan bukan diam di tempat apa lagi mundur ke belakang.

Melihat kehidupan saya sekarang saya akan menjadi orang yang lebih baik lagi dan akan berusah menjadi orang yang lebih bertanggung jawab lagi.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya