Seringkali kita mendengar bahwa setiap manusia memiliki alur cerita hidupnya masing-masing sejak dilahirkan ke dunia. Kita pun mengakuinya sebagai sebuah fakta yang tak terelakkan hingga pada akhirnya kita menyadari bahwa hal itu lebih dari sekedar fakta.

Seringkali kita mendengar bahwa jalan menuju kesuksesan tidaklah mudah untuk ditempuh. Ada jalan yang sempit, jalan yang berliku-liku, jalan yang penuh kerikil dan bebatuan, dan jalan yang menanjak tinggi. Kita mendengar, memahami, dan mengakuinya sebagai sebuah perjalanan yang tidak mudah hingga pada akhirnya kita benar-benar merasakan bahwa perjalanan menuju kesuksesan bukan hanya tidak mudah namun sungguh berat untuk dijalani.

Advertisement

Sesungguhnya, bukan gelar atau prestasi yang menjadikan kita hebat. Juga bukan kekayaan yang membuat kita lebih dihormati. Yang menjadikan kita hebat dan lebih dihormati adalah ketika kita mampu memaknai dan menjalani kehidupan ini dengan bijaksana.

Sang Waktu memiliki sejuta misteri yang tak seorang pun dapat mengetahuinya. Manusia hanya mampu menerka, meramal, dan berencana dengan waktu yang ia miliki namun keputusan ada di dalam tangan Sang Pemilik Waktu. Tentang penantian yang tak kunjung berakhir, sesungguhnya ada hadiah terbaik yang sedang menanti di ujung sana.

Memang benar bahwa bersabar dalam ketidakpastian terasa begitu pahit namun berbuah manis. Tetaplah bertekun mengerjakan segala hal demi masa depan yang lebih baik. Tetaplah berjuang meskipun waktu terasa begitu lama. Jangan hilang harapanmu hanya karena waktu terasa begitu panjang dan situasi semakin sulit.

Advertisement

Kehendak Tuhan Yang Maha Esa atas seluruh kehidupan manusia di dunia tidak selalu mendatangkan kebahagiaan dan kedamaian di dalam hati manusia. Terkadang sebagai manusia kita harus rela ditempa dan diuji oleh berbagai persoalan hidup yang membuat hati kita sungguh terasa tidak nyaman, membuat kita marah ataupun sedih. Ketika kita bersedia mengambil langkah untuk keluar dari zona nyaman dan mau belajar taat pada kehendak Tuhan, sesungguhnya kita akan memperoleh berkat yang begitu luar biasa dari-Nya.

Ibarat kopi terbaik yang membutuhkan takaran dan timbangan yang tepat, proses hidup yang kita jalani pun demikian. Semuanya telah ditakar dan diperhitungkan Tuhan sesuai porsi kemampuan kita masing-masing untuk menjalaninya. Tetaplah percaya bahwa Tuhan yang Maha Esa sanggup mengimbangkan segala duka dengan suka.

Untuk setiap penantian panjang yang kujalani, terima kasih telah mengajarkanku untuk menjadi tegar.

Untuk setiap ketidakpastian dalam hidup ini, terima kasih telah mengajarkanku untuk tidak berhenti berharap.

Untuk setiap perjuangan berat yang kuhadapi, terima kasih telah mendidikku untuk tidak menjadi anak-anak gampangan.

Teruntuk setiap kamu yang sedang menanti dan berjuang, selamat menjalani hidup ini dengan keikhlasan dan penuh harapan! Yes, you can!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya