Terdampar di Fase Dewasa Muda dengan Bimbang

Dewasa bukan sesuatu yang instan untuk dicapai

Belakangan ini aku menyadari tentang usiaku yang kian hari mulai merangkak jauh di fase dewasa muda. Memikirkan peran sebagai orang dewasa dengan beragam tanggung jawab yang berat rasanya sungguh tidak mudah. Bagiku setiap hari bahkan masih terasa asing dengan kehidupan orang dewasa ini.

Advertisement

Seiring usia kita bertambah menuju kedewasaan, perasaan kita juga sering kali kacau dan terombang-ambing. Ada banyak hal di kepala yang terus menyita perhatian kita sepanjang waktu. Berbagai kecemasan mengenai masa depan yang belum tergambar membuat kita tidak cukup yakin dengan hal yang harus dilakukan. Meskipun enggan, terkadang kita juga membandingkan diri dengan teman kita yang terlihat sukses dengan pekerjaan dan kehidupan yang stabil. Alih-alih fokus dengan tujuan hidup, perasaan kita malah makin tidak karuan. Saat situasi buruk seperti itu pun, dengan susah payah kita mengumpulkan keberanian untuk bangkit kembali. Mencoba berpikir jernih dengan harapan yang terus bertumbuh untuk menjadi orang dewasa yang lebih baik.

Pada rentang usia dewasa muda, suka tidak suka kita kerap mendapat banyak tuntutan, baik dari keluarga atau lingkungan. Dituntut untuk bertindak layaknya orang dewasa, mandiri secara finansial, membuat keputusan-keputusan penting yang cukup melelahkan secara fisik dan mental. Tak jarang semua hal itu membuat kita ingin menyerah. Namun, sebagai manusia amatir di kehidupan orang dewasa, sangat wajar jika hati kita terkadang mudah goyah. Semua hal awalnya memang sulit, begitu juga dengan kehidupan dewasa yang kita jalani untuk pertama kalinya ini, tentu akan terasa sulit.

Lalu apa sebenarnya dewasa itu? Apakah kita sudah cukup dewasa? Kita terkadang berpikir bahwa kita sudah menjadi dewasa hanya karena usia kita bertambah, nyatanya usia yang terus bertambah tidak otomatis menjadikan diri kita dewasa. Dewasa adalah tentang bertanggung jawab dengan kehidupan diri sendiri dan keluarga. Terus belajar sedikit demi sedikit tentang kehidupan, introspeksi dan terus melangkah menuju dewasa.

Advertisement

Berbicara tentang menjadi dewasa, mungkin kita akan dihadapkan dengan berbagai kepelikan hidup. Mulai dari pekerjaan, pernikahan, hubungan antar teman, semuanya akan melengkapi hari-hari kita sebagai orang dewasa. Sesekali mungkin kita akan menemui permasalahan hingga kita harus membuat keputusan yang sulit. Namun, kita juga akan menemui beberapa kemudahan dan kebahagiaan yang menyertainya.

Satu hal yang menarik saat menapaki usia dewasa muda adalah menjadi berkembang. Sebagai anak muda labil yang berusaha belajar menjadi dewasa, tentu tidak apa-apa jika kita tidak sempurna dalam segala hal. Meskipun kadang membuat kita  frustasi dan merasa buruk, akan lebih baik jika kita menerima dengan segenap hati proses menjadi dewasa ini. Walaupun ada banyak hal yang menyesakkan dan membuat kita terguncang, pada akhirnya kita akan menemukan diri kita yang berhasil bertahan dengan baik di situasi-situasi sulit sekali pun. Semua yang kita lalui akan menjadi bermakna dan membuat diri kita berkembang dari waktu ke waktu.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Sedang tumbuh dewasa

CLOSE