Tiga Mentor Terbaik dalam Hubungan Asmara

Ketika kita bertemu dengan seseorang yang membuat kita jatuh cinta dan ingin membangun hubungan ingatlah bahwa kalau masalah hati itu bukan sesuatu yang mudah. Cinta bukan misteri tapi pilihan. Karena kita sadar dengan siapa kita jatuh cinta, bahkan beberapa perlakuan dari si dia yang membuat kita yakin dia orang yang tepat. Tapi jangan terlalu cepat ambil keputusan untuk memulai hubungan kita butuh diskusi dengan beberapa orang yang kita percaya mampu memberi solusi terbaik. Sebagian dari kita mungkin berdoa meminta petunjuk Tuhan untuk menemukan orang yang tepat sehingga Tuhan menghadirkan beberapa orang yang dapat kita jadikan sebagai mentor.

Advertisement

Beberapa mentor yang dapat kita percaya untuk mendiskusikan tentang hubungan asmara :

1. Orang Tua.

Orang tua merupakan mentor utama yang memiliki pengalaman tentang hubungan asmara. Bahkan sebelum kita merasakan jatuh cinta, beberapa orang tua pasti pernah lebih dahulu memberi nasehat tentang hal ini. Mungkin ada yang berpendapat bagaimana kalau orang tua saya tidak bijak? Bagaimana kalau mereka tidak punya solusi? Bagaimana kalau saya tidak punya orang tua? Tenang orang tua yang dimaksud tidak hanya orang tua kandung, bisa juga orang tua asuh, atau orang dewasa lain yang kita sudah anggap seperti orang tua sendiri dan kita percaya mereka bijaksana dalam hal yang berhubungan dengan asmara.

Advertisement

2. Pembina Rohani

Setiap kita pasti memiliki komunitas rohani dan di sana kita bertemu dengan pembina rohani, contohnya  guru agama, tokoh agama, dan senior yang telah lama berada dalam suatu komunitas rohani. Kita butuh diskusi dengan mereka karena kita dapat dibantu dengan pengajaran-pengajaran tentang membangun hubungan asmara yang benar sesuai dengan ajaran agama dan tujuannya untuk menjauhkan kita dari hubungan yang tidak sehat.

3. Psikolog

Ketika kita bertemu seseorang pertama kali dan jatuh cinta, sebagian dari kita hanya melihat hal-hal baik dari orang tersebut. Kita bahkan tidak tahu masa lalu orang itu ketika membangun hubungan dengan orang lain sebelum dengan kita. Ini bukan berarti untuk kita menghakimi masa lalunya. Tapi dengan kita tahu apa yang dia alami sebelumnya dapat menjadi pelajaran buat kita ketika membangun hubungan yang baru dengan dia. Kita butuh psikolog untuk memberi nasehat tentang kesehatan jiwa kita dan orang yang ingin kita bangun hubungan dengannya.

Psikolog dapat membantu penyembuhan dan pemulihan jiwa. Contohnya ketika orang yang buat kita jatuh cinta ini ternyata memiliki masa lalu yang buruk seperti ditinggalkan kekasih lamanya sehingga ia patah hati dan trauma. Psikolog dapat memberi solusi untuk menyembuhkan trauma masa lalu karena sesuatu yang tersimpan di alam bawah sadar kita tidak pernah tahu kapan akan kembali ke memori ingatan kita dan hal-hal yang berhubungan dengan trauma masa lalu bisa mempengaruhi hubungan baru kita. Sehingga peran psikolog sangat membantu kita dalam hubungan asmara

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya