Hidup adalah sebuah perjalanan panjang yang tidak pernah berakhir. Ketika perjalanan itu berakhir, kita tidak bisa mengatakan itu sebagai "kehidupan" lagi. Pada tulisan ini aku ingin menggambarkan hidup sebagai jalan raya, tidak ada jalan raya yang selalu lurus ataupun selalu mulus. Pada suatu saat, suatu jalan akan berkelok ataupun berlubang. Hidup juga tidak akan terus berjalan dengan mulus, setiap orang pasti akan menemukan problema dan permasalahan dalam perjalanannya. Namun, aku rasa belokan dan guncangan di perjalananlah yang membuat perjalanan si pengembara menjadi lebih menyenangkan.

Sebagai manusia yang jauh dari kata sempurna, aku rasa setiap orang pasti pernah mengalami problema dalam hidupnya. Namun, setiap orang punya caranya sendiri untuk mengatasinya. Beberapa orang akan mencoba untuk mengatasinya sendiri, namun beberapa orang lainnya akan mencoba untuk meminta bantuan orang lain untuk mengatasi masalahnya. Bagaikan pengembara yang tersesat di dalam perjalanannya menuju tempat dambaannya, terkadang ia pun harus bertanya kepada orang lain untuk mendapatkan arah yang benar dalam perjalanannya.

Advertisement

Terkadang, seseorang sangatlah bergantung terhadap orang lain untuk menyelesaikan masalahnya. Seseorang sangatlah membutuhkan orang lain untuk menyelesaikan masalahnya. Ia merasa tidak mampu mengatasi problema hidupnya tanpa sebersit pemikiran dari orang lain. Aku tidak memiliki permasalahan dengan orang yang sangat bergantung kepada orang lain. Jujur, aku tidak memiliki permasalahan sama sekali. Namun, aku terkadang merasa heran kepada sifat itu. Seseorang yang gelisah mencari bantuan sampai-sampai hal tersebut menjadi masalah baru bagi dirinya. Ya, masalah bahwa dirinya tidak bisa menemukan orang yang dapat membantunya.

Aku tidak mengatakan bahwa manusia tidak memerlukan orang lain dalam hidupnya. Namun, aku ingin mengatakan bahwa terlalu bergantung pada orang lain bukanlah hal yang sehat. Aku rasa setiap orang bisa memecahkan masalahnya sendiri dengan solusinya sendiri. Ya, aku yakin setiap orang punya potensi itu di dalam dirinya. Jangan sampai dirimu terlarut dalam permasalahanmu sampai-sampai kamu lupa bahwa dirimu adalah problem solver terhandal dari setiap masalahmu. Ketika dirimu menghadapi masalah dan kamu kebingungan untuk menemukan orang yang bisa membantumu memecahkan masalahmu, cobalah baca kalimat terakhir dari tulisan ini.

The minute you stop searching for someone else's help, you are helping yourself.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya