Bagi kamu yang kini beralih dari usia remaja ke dewasa. Pasti merasakan berbagai kisah kehidupan, entah itu percintaan, kebahagiaan, kesedihan, perselingkuhan, bahkan penikungan. Fase ini merupakan fase di mana kamu sedang mencari jati diri. Bagaimana sih pribadi gue? Apa hobi gue? Apa kekurangan dan kelebihan yang gue miliki? Berbagai macam pertanyaan pun sering muncul di pikiran kita.

Buat kalian yang sedang berada di fase ini, jangan khawatir dan jangan bimbang. Sebenarnya yang paling mengerti dengan diri kita ialah diri sendiri. Tak perlu menceritakan keluhan kepada teman, ataupun sahabat. Namun, kembali lagi pada kepribadian diri kalian. Jika kamu termasuk orang yang kurang bisa mengemban suatu beban, alangkah baiknya untuk bercerita kepada sahabat. Karena dengan bercerita akan mengurangi sedikit masalah yang dirasakan. Sebaliknya, jika kamu termasuk orang yang tegar dan kuat lebih baik mencurahkan isi hatinya pada Sang Pemilik Hati.

Advertisement

Bagaimana cara mengetahui diri kita? Mulai dari hobi, kekurangan, kelebihan, dan lain-lain. Ini dia guys penjelasan singkat yang harus kamu ketahui tentang diri kalian.

Perbanyak Kegiatan

Kegiatan? Ya, dengan memperbanyak kegiatan kita bisa mengetahui apa yang kita suka. Misalnya, mengikuti komunitas menulis. Jika kita enjoy menjalankannya bisa jadi menulis ialah kegemaranmu, tapi jika males-malesan, gak niat, banyak alasan. Itu wajib ditanyakan lagi pada diri kamu, sebenarnya apa yang disukai? Lebih baik mencari kegiatan yang lainnya.

Advertisement

Mengetahui Golongan Darah

Golongan Darah? Apa hubungannya? Golongan darah merupakan hal yang perlu kamu ketahui. Dengan begitu, ketika kamu tahu apa golongan darahmu, di situlah kamu juga mengetahui kepribadianmu. Misalnya, kamu sering-sering membaca tentang golongan darah, bukan ramalan ya.

Merenung

Merenung yang memiliki arti, merenung akan diri sendiri. Bukan merenung hal yang tak pasti. Merenung ini paling cocok dilakukan pada malam hari, menyendiri di kamar sembari memikirkan masa depan. Hal apa yang akan dilakukan ke depannya dengan skill yang kamu miliki.

Meminta Nasihat Orang Terdekat

Nasihat merupakan salah satu cara untuk mengetahui kepribadianmu. Kadang orang terdekat lebih mengetahui keburukan, kebaikan kita daripada diri kita sendiri. Dengan meminta nasihat, saran, atau solusi kepada sahabat, orang tua maka dengan sendirinya kamu akan mengetahui kepribadianmu loh.

Sering-seringlah Becermin

Dengan becermin kamu mengetahui kekurangan dan kelebihan yang kamu miliki. Entah itu dari visual maupun dari hati. Ketika becermin pula, kadang kamu suka senyum-senyum sendiri melihat wajahmu. Ya, wajar saja jika kalian melakukan hal tersebut, itu bertanda kamu termasuk orang yang bersyukur. Syukuri apa pun yang kalian miliki karena dengan bersyukur semua akan terasa nikmat.

Nah, begitulah sedikit cara mengetahui kepribadianmu! Semoga dengan artikel ini dapat bermanfaat buat kalian. Sekarang enggak perlu resah, gelisah, dan galau lagi untuk mengetahui kepribadianmu. Sebaiknya tes kepribadianmu sedini mungkin agar kalian dapat mengeksplore bakat atau minat yang ada pada diri kamu! Tidak ada kata terlambat sebelum mencoba, selamat mencoba.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya