Vietnam dikenal sebagai negara komunis di Asia tenggara. Banyak turis dari Indonesia enggan untuk berkunjung ke sana karena kekhawatiran mereka terhadap makanan halal yang sulit didapat ketika mengunjungi Vietnam. Bagi kalian yang lebih sering berpergian ke Malaysia ataupun Singapura pasti tidak akan khawatir, karena di sana masih banyak masyarakat muslim lokal dan restoran serta warung halal yang berada di berbagai sudut kota. Lalu, bagaimana dengan Vietnam?

Jika kalian ingin mengunjungi Ho Chi Min City atau juga dikenal dengan Saigon, ada baiknya kalian mencari tahu terlebih dahulu makanan halal yang tersedia di sana. Di beberapa tempat seperti pusat turis memang tidak terlalu sulit untuk menemukan restoran halal ala timur tengah. Tetapi, harga yang ditawarkan sangatlah jauh lebih mahal dibanding dengan makanan lainnya. Bagi kalian yang memiliki banyak uang, ini mungkin tidak akan menjadi masalah, lalu bagaimana jika kalangan backpacker mengunjungi Ho Chi Min City untuk pertama kalinya dan mencari makanan halal yang murah meriah?

Advertisement

Para turis kalangan backpacker biasanya akan menginap di daerah Pam Ngu Lao di distrik 1 kota Ho Chi Min yang berjarak sekitar 15 menit dari bandara internasional Tan So Naht. Di distrik tersebut biasanya banyak terdapat berbagai penginapan murah dengan harga yang bervariasi. Makanan halal ala timur tengah dapat mudah dijumpai di salah satu sudut jalan yang berada di distrik satu ini. Akan tetapi harganya bisa empat kali lipat dari harga maknan halal lokal yang bisa kalian jumpai di tempat lain.

Untuk kalian yang mau berjalan kaki sedikit lebih jauh, kalian bisa berjalan menuju masjid yang didirikan oleh perkumpulan muslim Indonesia dan Malaysia di Ho Chi Min City. Masjid tersebut bernama Masjid Al-Rahim yang terletak tidak jauh dari Ben Tahn Market. Cukup berjalan kaki selama 15 menit atau sekitar 500 meter, kalian akan menemukan masjid ini di sisi jalan. Masjid ini cukup besar dan di sekitarnya ada beberapa street food halal khas Vietnam yang di kelola atau dijual oleh warga keturunan muslim Singapura.

Harga makanan yang dijual sangatlah murah, sekitar 20.000 VND – 30.000 VND. Dibandingkan dengan harga makanan di daerah turis berkisar di antara 80.000 VND-125.000 VND. Mengenai rasa kalian tidak perlu khawatir, karena makanan-makanan tersebut sangat lezat dan masih bisa dinikmati oleh lidah Indonesia. Beberapa penjual diantaranya masih bisa berbahasa melayu, sedangkan lainnya hanya bisa berbahasa Vietnam. Minum yang ditawarkan air putih secara gratis, tetapi jika ingin minum lain kalian hanya perlu memesannya kepada penjual. Untuk harga minuman tergantung dari jenis minuman itu sendiri.

Advertisement

Bagaimana saat ini, apa kalian masih ragu untuk mengunjungi Vietnam terutama Ho Chi Min City? Jika kalian masih bingung bagaimana cara mencari alamat masjid tersebut, kalian bisa menggunakan fasilitas google Map dengan mengarahkan ke alamat "Al Rahim mosque مسجد, 45 Nam Kỳ Khởi Nghĩa, Phường Nguyễn Thái Bìn, Quận 1, Hồ Chí Minh, Vietnam".

Sampai jumpa di artikel berikutnya.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya