Menjelang hari raya libur natal dan tahun baru maupun hari besar lainnya, bagi Anda yang pulang kampung di seputaran Jawa Tengah bisa berkunjung sejenak ke Salatiga. Kota transit yang damai dan berlokasi di jantung ibukota Jawa Tengah ini selalu ramai dilewati oleh para pemudik baik dari Semarang-Jogja, Semarang-Solo, maupun sebaliknya.

Karena letak kota Salatiga di atas ketinggian 700mdpl dan tepat di lereng utara Gunung Merbabu Jawa Tengah, yang pastinya kesejukan kota ini dapat membuat anda lupa dengan carut marut kehidupan perkotaan yang penuh dengan stress dan tekanan. Selain itu, Salatiga baru-baru ini menerima predikat sebagai kota paling toleran se Indonesia, yang artinya dari latar belakang apapun anda pasti diterima di kota ini. 

Advertisement

Jadi, jika Anda memutuskan untuk transit atau rehat sejenak di kota kecil nan damai ini, jangan lupa untuk membawa beberapa buah tangan untuk keluarga tercinta di rumah. Beberapa rekomendasi pusat oleh-oleh yang terkenal dan banyak dikunjungi salah satunya di Jalan Makutrama oleh-oleh Oom Tan yang sangat tekenal.

Adapun beberapa pusat oleh oleh rekomendasi yang bisa kita datangi ketika berkunjung ke kota Salatiga adalah

  1. Pusat Oleh Oleh Oom Tan
    Banyak oleh oleh khas kota salatiga yang mereka produki sendiri dan di labeli nama mereka sendiri. Salah satu oleh oleh yang terkenal dari toko Oom Tan adalah bakpia pathok dan bolen om tan.

    Mekipun memiliki banyak produk sendiri, di pusat oleh oleh Oom Tan juga kita akan menemui berbagai makanan khas salatiga lainnya yang juga terdapat di tempat lain seperti kue sagon, bandrek instan, wingko babat, dan kopi gunung salatiga. Bakpia pathok, pisang bolen, dan kopi gunung salatiga adalah oleh oleh yang paling terkenal dan banyak di buru oleh para pengunjung.

  2. Pusat Oleh Oleh Luwes
    Toko luwes berada di daerah Sukowati kota Salatiga. Tempatnya bersih dan berkualitas untuk di jadikan tempat tujuan belanja buah tangan. Toko oleh-oleh luwes menyediakan banyak jenis makananan khas daerah salatiga dan sekitarnya.

    Selain harga nya yang cukup terjangkau pusat oleh oleh luwes bisa di jadikan rekomndasi toko yang wajib di kunjungi karena macam macam jenis oleh oleh dari bebrapa daerah juga.

  3. Toko oleh-oleh D-9
    Jika Anda berkunjung ke Salatiga makanan yang biasa dijumpai biasanya adalah ampyang, enting gepuk, wingko babat, tahu bakso, atau getuk kethek. Tapi oleh-oleh D9 yang merupakan peserta dari UMKM Salatiga ini menyajikan oleh oleh yang khas dan bahkan sudah mendunia, yaitu adalah singkong frozen.

    Frozen yang berbahan dasar singkong lunak yang sudah dibekukan ini memiliki banyak penggemar yang sampai ke mancanegara. Singkong lunak goreng disajikan bersama dengan keju dan susu kental manis. Singkong keju D-9 merupakan produk andalan dari toko ini.

Advertisement

Sekian pembahasan kami tentang toko oleh-oleh yang wajib Anda kunjungi di Salatiga. Semoga ketentraman dan keramahan kota kami dapat memberikan kesan bagi Anda. Jangan lupa untuk terus mencintai Indonesia!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya