Tuberkulosis adalah salah satu penyakit yang paling mengancam kaum manusia. Tuberkulosis adalah penyakit yang menginfeksi organ tubuh paru-paru. Tuberkulosis ditemukan pertama kali di Afrika 10,000 tahun yang lalu. Lalu, mulai tersebar luas di Mesir, berdasarkan mayat-mayat yang ditemukan 6,000 tahun yang lalu. Dipercaya bahwa Tuberkulosis dapat terinfeksi melalui bakteri yang tersebar dari hewan ke manusia. Nama bakteri yang menyebabkan Tuberkulosis adalah Mycobacterium.

Gejala-gejala yang dialami bila terinfeksi Tuberkulosis sudah diketahui selama ratusan tahun di Eropa. Gejala-gejala yang termasuk adalah batuk-batuk yang mengeluarkan darah, muntah-muntah, kesusahan bernafas, terasa sakit di bagian dada, kehilangan berat badan secara drastis, kehilangan nafsu makan dan panas tinggi. Dalam situasi tertentu Tuberkulosis bisa menjadi sesuatu yang mematikan.

Advertisement

Namun, di awal abad ke 20, Tuberkulosis berhasil merengut nyawa semenjak tersebar di Eropa dan Tuberkulosis telah menjadi penyakit yang mudah sekali untuk menular. Tak lama kemudian, Tuberkulosis telah dikenal sebagai penyakit yang mematikan dan penyakit yang merengut banyak nyawa.

Dokter-dokter telah membagi Tuberkulosis menjadi 2 tipe, yaitu, Latent TB dan Active TB. Latent TB adalah tipe Tuberkulosis yang tidak bisa menular. Sedangkan Active TB adalah tipe Tuberkulosis yang dapat menular kepada orang lain.

Walau begitu, Latent TB dapat berkembang menjadi Active TB bila tidak dirawat. Ada sekitar 2 miliar orang yang terinfeksi dengan Latent TB dan mereka mengambil perawatan agar mencegah penyakitnya untuk berkembang. Sementara Active TB mampu untuk menular dan menunjukan tanda-tanda bahwa orang tersebut terinfeksi dengan Active TB.

Advertisement

Tipe Tuberkulosis ini mampu menular melalui udara yang kita hirup. Bagaimana caranya penyakit ini dapat menular? Jika orang yang terinfeksi oleh Tuberkulosis batuk dan mengeluarkan bakteri-bakteri Mycrobacterium. Setelah terinfeksi, maka gejala-gejala akan mulai muncul.

Karena Tuberculosis adalah salah satu penyakit yang sudah sangat tua dan sangat mematikan, bahkan sudah membunuh banyak orang di dunia ini, kita harus mencegah penyakit ini agar penyakit ini tidak berkembang biak di lingkungan kami. Dengan cara apakah kita mencegah penyakit ini supaya tidak berkembang? Kita harus mengetahui gejala-gejala yang akan muncul bila seseorang telah terinfeksi Tuberkulosis, agar bisa dicegah sebelum terlambat. Gejala-gejala ini akan memberi kami sinyal atau peringatan bahwa harus dibawa ke rumah sakit atau ke perawatan segera untuk dirawat dan diurus. Supaya penyakit ini tidak berkembang dan menular ke orang lain.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya