Tutorial Menggoreng Ikan Jenis Apapun, Supaya Tidak Muncrat-Muncrat

Menurut berbagai penelitian yang sudah teruji hasil penelitiannya menyatakan salah satu sumber protein terbaik di dunia ini pada ikan. Salah satunya lemak omega-3 yang sering diproduksi dan diolah menjadi  suplemen atau vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh orang dewasa. Sedangkan untuk anak-anak bisa menjadi suplemen yang memberikan manfaat yang baik pertumbuhan tumbuh kembang dan otak anak. Mengingat wilayah kita yang terdiri atas kepulauan dan jenis ikannya juga beragam.

Advertisement

Sudah dipastika tidak ada alasan lagi, buat masyarakat Indonesia seharusnya untuk tidak memakan ikan. Namun tak jarang banyak yang mengeluh malas menggoreng ikan karena takut terkena percikan atau muncratan minyaknya. Nah, biar hal itu tidak terjadi padamu saat menggoreng ikan, berikut tutorial menggoreng ikan supaya tidak kecipratan. Yuk disimak!

  1. Bersihkan wajan dan pastikan sudah kering. 

Langkah pertama yang harus dipastikan sebelum melakukan aktivitas penggorengan adalah dengan memastikan wajan sudah bersih dan kering. Hal tersebut tentunya akan membantu, karena sedikit saja air yang menempel di wajan atau spatula tentu tetap saja tidak bisa bersatu dengan minyak dan pasti bakalan membuat air muncrat-muncrat di minyak goreng.

Advertisement

 2. Panaskan wajan dengan api kecil

Langkah kedua setelah memastikan wajan dan spatula kering adalah memanaskan wajan dengan api kecil. Sambil dipanaskan, tahapan selanjutnya adalah menuangkan minyak goreng. Dengan api sedang dan ternyata ada sedikit minyak, maka kamu tidak akan terkena percikan air dan minyak tersebut.

Advertisement

3. Pastikan minyak sudah panas saat menggoreng ikan

Langkah ketiga saat akan memulai penggorengan adalah memastikan minyak sudah panas. Oh, iya untuk mengetes minyaknya sudah panas atau belum kamu bisa meletakkan tangan dia atas wajan tapi tetap dengan jarak yang aman. Jangan pernah mencoba atu berniat untuk menceburkan tangan ke minyak, karen akan berakibat fatal. Setelah memastikan minyak panas kamu pun bisa memulai penggorengan dengan memasukkan ikan ke wajan dengan cara  hati-hati.

 4. Gunakan tutup kaca penggorengan

Setelah hal tersebut jika masih takut atau ragu akan ada percikan minyak kamu menggunakan tutup kaca penggorengan. Kenapa harus kaca?. Karena melalui kaca kamu akan bisa melihat  tingkat kematangan ikan atau kapan saatnya membolak balik ikan tersebut agar masaknya sempurna dan tidak gosong di sisi lainnya.

Hal tersebut hanya bisa dilakukan ketika menggunakan tutup penggorengan kaca, jika menggunakan yang lain sudah dipastikan kamu harus sering membuka penutupnya dan bukan tidak mungkin akan terkena cipratan minyak.

Nah, itu dia tutorial menggoreng ikan supaya tidak muncrat-muncrat ketika digoreng. Buat yang masih takut untuk menggoreng ikan, yuk ikutin tutorial di atas! Selamat mencoba.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

si chubby semenjak lahir yang bercita-cita jadi penulis

CLOSE