Untukmu yang sedang dirundung pilu, apakah yang membuatmu pilu? Apakah hidup? Apakah dunia? Atau cinta mengecewakanmu? 

Ada begitu banyak alasan mengapa seseorang bisa merasakan pilu. Banyak yang kecewa karena tak mendapatkan apa yang ia inginkan. Ada yang kecewa karena rencana yang tak berjalan sesuai dengan ekspektasi. Ada yang kecewa karena cinta yang diharapkan tak kunjung tiba.

Advertisement

Teman, ada banyak sekali hal yang bisa membuatmu merasa pilu. Ada banyak hal yang bisa mengecewakanmu tanpa kau cegah, tapi masih bisa kau tangani.

Teman, aku tahu rasanya menyakitkan. Aku tahu rasanya sulit. Menjalani kehidupan di kala dirimu sedang diuji memang sulit, tetapi kita diuji karena Tuhan menyayangi kita. Bersabarlah.

Mungkin kau bisa menangis karena masalah yang menimpamu. Tak apa, tak ada yang melarangmu untuk menangis. Kau boleh mengungkapkan perasaanmu, baik itu marah, frustasi, kecewa, apa pun asal kau tidak merugikan orang lain dan dirimu sendiri.

Advertisement

Aku tak ingin kau terluka. Aku tak ingin kau kecewa. Aku tak ingin kau merasa sedih terlalu lama, tetapi bila kau belum ingin bangkit, aku mengizinkanmu untuk merenung sebentar. Renungilah hidupmu. Berpikirlah apa yang bisa kau lakukan untuk orang lain dan apa yang bisa membuatmu lebih bersemangat.

Jalani hidupmu bersama orang-orang yang kau cintai dan mencintaimu, karena tak ada hal yang membahagiakan dibandingkan melalui hidup dengan orang yang kita cintai. Teman, mungkin saat ini rasanya masih sulit. Mungkin kau marah padaku karena terlalu mengguruimu, tetapi aku hanya ingin yang terbaik untukmu. Aku ingin kau bahagia.

Untukmu yang sedang pilu, saat menghadapi orang yang menyakitimu, jangan balas mereka. Biarkan mereka seperti itu dan jangan mendendam. Akan ada yang membalas perbuatan mereka padamu.

Untukmu yang sedang pilu, saat menghadapi orang yang membuat air matamu mengalir, jangan balas mereka. Jangan balas mereka. Jangan balas mereka. Rasanya memang menyakitkan, tetapi mendendam pun tak akan membawa keuntungan apa pun untukmu.

Untukmu yang sedang pilu, terkadang kita dihadapkan pada hidup yang kejam dan seakan tak memberi ruang untuk kita bernapas. Dadamu sesak, kau ingin menangis. Kau ingin meneriaki siapa pun yang menyakitimu.

Bersabarlah. Bersabarlah. Bersabarlah.

Belajarlah menjadi orang yang lebih baik. Bersabarlah. Jangan berpikiran buruk pada orang lain. Jangan membicarakan keburukan orang lain tak peduli seberapa parah mereka menyakitimu. Ingat, hal itu tak akan membawa kebahagiaan apa pun untukmu.

Untukmu yang sedang pilu, balaslah kejahatan orang padamu dengan kebaikanmu. Semoga hal baik akan datang padamu di kemudian hari. Kami menyayangimu, berusahalah. Kami menyayangimu, kamu tak pernah sendiri.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya