Wahai diri, Kenapa kau bermurung saja?

Apa yang membuatmu seperti itu? Apakah waktu telah memberimu kecewa? Atau dirimu saja yang lemah karenanya?

Advertisement

Jika ia, Mulailah untuk beranggapan seperti itu, karena itu tak baik untuk hatimu.

Tak usah kau meratapi semua itu dengan kesedihan seperti itu, bangkitlah!

Semua akan indah pada waktunya, dan semua akan kau dapatkan jika kau bersabar.

Advertisement

Jadi, Tersenyumlah! Bebaskan dirimu dari polusi waktu yang mengikat dirimu.

Ya, yang namanya hidup, setiap orang sudah pasti punya masalahnya tersendiri. Tak ada yang bebas tuntas dari cobaan dan rintangan di dunia ini. Namun masalah itu datang bukan untuk dihindari, cobaan dan rintangan itu menghampiri bukan untuk di caci maki, namun semua itu adalah bagian dari hidup manusia. Jadi hadapi saja semampu kau bisa, toh semua akan baik-baik saja.

Tidak mungkin Tuhan membiarkan hambanya mendapatkan masalah, cobaan dan rintangan itu datang tidak dengan tanpa seizin dari-Nya. Semua sudah ia ketahui jika kau sanggup untuk menghadapinya dan kau sanggup untuk menjalaninya. Sehingga setelah itu, kau akan mendapatkan hadiah dari-Nya berupa kebahagian dan juga kesuksesan hidup di dunia bahkan akhirat kelak.

Jika saat ini masalah datang bertubi-tubi dalam waktumu, Jangan kau jadikan itu alasan untuk berkata "Tuhan tidak Adil denganku". Jika saat ini cobaan dan rintangan datang silih berganti tanpa ampun, jangan kau jadikan alasan untuk berkata "Nasibnya, nasibku".

Itu tak baik bagimu, itu tak baik bagi hidupmu. Kata-kata seperti itu bukanya akan membuatmu menjadi lebih baik, namun akan menjadi lebih buruk lagi. Sikap seperti itu hanya akan membuat Tuhanmu murka karena mengeluh dan lagi mengeluh dengan hidup yang telah ia berikan kepadamu.

Sikapi semua yang terjadi dalam hidup ini dengan sikap bersyukur. Apapun yang terjadi, kau selalu berpegang kepada satu keyakinan hati kepada sang pencipta. Jika itu hanya sebuah cobaan dan rintangan sesaaat, dan jika Ia telah meridhoi, maka semua yang kau inginkan akan kau dapatkan.

Tak ada gunanya kau marah-marah tanpa kendali karena keadaan tak membaik. Tak ada gunanya kau melamun hanya menghabiskan waktu tak berarti. Tak ada gunanya kau merenung tanpa ada rencanakan yang ingin kau kerjakan.

Jika keadaan hatimu sedang buruk, cobalah lihat semesta ini, begitu luas dan kau bisa ke mana saja yang kau inginkan untuk sekadar melepas gundah dalam hatimu. Daripada di rumah, pikiran semakin kusut dan timbul perasaan malas.

Jika keadaan dirimu sedang dilanda kecewa, sakit hati, dan lain sebagainya, cobalah untuk berbicang dengan orang tuamu, orang yang kau anggap mampu mengusir rasa itu dari dirimu. Tak perlu kau diam seribu bahasa, diam tak mau bicara sehingga uneg-uneg yang ada dalam pikiranmu membaut semangatmu hingga hilang.

Mulai saat ini, jalani waktumu dengan penuh rasa syukur dan semangat. Apapun yang terjadi, semua akan baik-baik saja jika kau melakukannya dengan baik pula. Bukankah janji tuhan itu pasti, jika kau bersabar menghadapi ujian dari-Nya. Jika kau selalu bersyukur dengan apa yang telah ia berikan dalam hidupmu, maka kebahagiaan lahir dan batin akan kau dapatkan.

Jadi, Tersenyumlah! Senyum selain bernilai ibadah, juga akan menghilangkan stress, depresi, dan juga disenangi banyak orang. Semangat kawan!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya