Wanita Biasa Pembawa Dampak Luar Biasa

Menjadikan Kartini sebagai teladan di masa kini

Emansipasi wanita memiliki makna pelepasan dari keterikatan atau perbudakan, yang memperjuangkan persamaan hak antara kaum lelaki dan kaum wanita. Pada zaman dahulu kata kata ini mungkin tidak banyak dipikirkan oleh masyarakat, terutama kaum wanita. Bahkan mungkin dahulu kata ini ditentang keras oleh banyak kaum dan seluruh masyarakat yang masih menganut tradisi nenek moyang karena mereka masih belum mengerti apa arti kata ini sesungguhnya.

Advertisement


Namun R. A. Kartini, seorang tokoh wanita yang sangat dikenal hampir oleh seluruh masyarakat Indonesia saat ini, tanpa ragu dengan segala keberanian dan kekreatifannya menyuarakan emansipasi wanita ini. Menurut opini saya, Kartini merupakan pejuang yang benar-benar berjasa dan dapat membawa kaum wanita pada posisi yang dihormati seperti saat ini.


Dari kisah hidup Kartini, menurut saya banyak sekali hal yang dapat diteladani. Pertama mulai dari awal kisah kehidupannya, ia adalah seseorang yang memiliki latar belakang keluarga bangsawan atau priayi, namun ia tidak mau hidup manja. Ia tetap mau mengenyam pendidikan, meski hanya hingga setara sekolah dasar, yang dimana menurut saya hanya orang tertentu yang mau melakukan hal tersebut yang memang berkomitmen dan mau membawa perubahan bagi orang lain untuk menjadi lebih maju.

Setelah ia berhenti sekolah pada usia 12 tahun karena dipingit oleh orang tuanya, ia tetap tidak meninggalkan hal pendidikan dengan tetap menulis surat dan bertukar pikiran dengan teman sekolahnya di Eropa. Dari sini saya sangat setuju dengan apa yang dilakukan Kartini, keadaan sesulit apapun tidak pernah membatasi apabila sudah ada komitmen yang kuat dan benar. Dari sini juga saya sangat setuju dengan tindakan Kartini yang tidak melawan orang tuanya. Beliau merupakan anak yang patuh namun tetap cerdas dan tekun dalam mencapai cita citanya, membuat perubahan bagi bangsa Indonesia yang lebih baik.

Advertisement

Kartini di mata saya merupakan seorang yang sangat cerdas. Dari surat menyurat yang dilakukan dengan sahabat penanya, Kartini dapat mengerti bagaimana cara berpikir para perempuan Eropa yan berpendidikan, untuk membuka wasasannya agar semakin luas. Kartini memiliki kepedulian yang sangat tinggi, beliau melihat bahwa kaum wanita pribumi memiliki status sosial yang sangat rendah dan hanua dipandang sebelah mata.

Dari sini saya berpendapat bahwa Kartini merupakan orang yang selain cerdas, beliu juga tidak sombong dan bahkan sangat peduli dengan rakyat kecil di sekitarnya. Ia menggunakan kepandaiannya bukan hanya untuk dirinya sendiri, namun melalui surat, karangan, dan semua tulsannya, ia mau membagikan ilmunya juga kepada orang lain. Kemauannya untuk meningkatkan status kehidupan sosial sangat menunjukkan kecintaannya terhadap Indonesia. Menurut saya kehidupan Kartini ini sangat menginspirasi semua wanita untuk dapat menjadi Kartini di masa kini.

Mengajarkan bagaimana kita sebagai wanita harus dapat menjadi seorang yang inovatif, berani berkreasi, memberi dampak bagi orang lain, dengan tetap menjalankan kewajiban kita yaitu mengurus urusan rumah tangga dan keluarga kita kelak.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE