Wanita Hebat di Balik Kata Tenggelamkan dan Makan Ikan

Susi Pudjiastuti dan slogan viralnya

Susi Pudjiastuti, siapa yang tak kenal dengannya? Di masa pemerintahan Presiden Jokowi periode 2014-2019 dirinya pernah menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia. Beliau adalah salah satu sosok wanita yang dikagumi oleh banyak orang di negara nya sendiri. Kegigihannya dalam bekerja menjadi teladan bagi semua orang agar dapat meraih sebuah kesuksesan. Tidak heran, meskipun hanya tamatan sekolah menengah pertama, Susi Pudjiastuti tetap bisa menjadi seorang pengusaha sukses dan tetap sederhana dalam hidupnya.

Advertisement

Susi Pudjiastuti yang lahir pada 15 januari 1965 ini sebenarnya merupakan putri dari seorang saudagar peternak dan penjual hewan potong seperti sapi dan kerbau. Dapat dikatakan pada saat itu ia merupakan anak dari keluarga yang berada. Tapi hal menarik yang terjadi ialah dimana ia memutuskan untuk berhenti melanjutkan sekolahnya. Bukan karena biaya tetapi beliau sengaja untuk tidak lanjut sekolah karena ingin menekuni dunia bisnis. Siapa sangka ternyata keputusannya tersebut berbuah hasil yang manis. Bermodalkan uang Rp.750.000,- hasil menjual perhiasannya ia kemudian menekuni bisnis jual beli ikan. Hal tersebut merupakan pionir awal bagi kesuksesan bisnis yang dimilikinya.

Dengan ketekunan dan kegigihannya ia berhasil mengembangkan bisnis pengolahan ikan nya hingga ke pasar Asia dan Amerika. Selain itu Susi Pudjiastusi pun berhasil mendirikan perusahan penerbangan yang diberi nama Susi Air. Perusahaan tersebut awalnya berdiri karna kebutuhan Susi yang menginginkan pengiriman ikan-ikannya menjadi lebih mudah sehingga kemudian ia memutuskan untuk membeli sebuah pesawat Cessna.

Disaat bisnis perikanan mulai merosot ia pun kemudian beralih dengan menyewakan pesawatnya yang semula digunakan mengangkut ikan untuk misi kemanusiaan. Hingga sampai saat ini total beliau telah memiliki 32 pesawat Cessna. Ia pun perlahan menjelma menjadi salah satu orang terkaya di Indonesia karna kesuksesan yang diraihnya.

Advertisement

Berbekal pengalamannya tentang perikanan dan kelautan yang dimilikinnya, pada tahun 2014 lalu Susi Pudjiastuti resmi dilantik menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan dari Kabinet Kerja Presiden Jokowi. Ia pun kemudian menjelma sebagai sosok Menteri yang sangat disegani dibalik kontroversi dirinya yang memiliki tato di tubuhnya.

Selama menjabat sebagai Menteri beragam keputusan tegas sering kali ia keluarkan untuk memberantas pencurian ikan yang sering terjadi di perairan nusantara. Salah satu ketegasannya yang paling dikenal dimana ia tidak segan untuk menenggelamkan kapal yang kedapatan mencuri di wilayah teritorial laut Indonesia. Pada masa jabatannya Susi Pudjiastuti juga dikenal sering mengkampanyekan gerakan “Makan Ikan” karna dirinya merasa ikan-ikan yang ada di perairan Indonesia memiliki mutu dan kualitas yang sangat baik.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

An anthusiasm and motivated person

CLOSE