Air Terjun Curug Pulosari Keindahan Alam yang Tersembunyi di Yogyakarta, Wajib Masuk Kunjunganmu Nih

Wajib Banget Kunjungi Objek Wisata Ini!

Daerah Istimewa Yogyakarta memiliki banyak sekali ragam budaya, kuliner, serta tempat wisata. Massa pandemi saat ini banyak orang yang ingin melakukan rekreasi sebagai penyegaran dari pekerjaan yang padat dan untuk menghilangkan stres. Tempat Wisata Alam yang bisa kita kunjungi yaitu Curug Pulosari. Air terjun memiliki keindahan luar biasa yang mungkin tidak akan anda temui saat berada di kota.

Advertisement

Tempat wisata ini diambil dari kata Curug yang memiliki arti air terjun, sedangkan Pulosari yaitu sebuah nama desa yang berada di Kabupaten Bantul. Sehingga Curug Pulosari memiliki arti yaitu air terjun yang berada di daerah pulosari. Objek wisata ini terbilang kecil, namun menyuguhkan pesona alam yang sangat indah dengan dikelilingi pepohonan yang rimbun. Di bawah air terjun terdapat semacam kolam alami yang lumayan besar dan nampak hijau. Wisatawan yang bisa berenang dan menikmati segarnya air terjun ini. Curug Pulosari ini terletak di Desa Wisata Krebet, Pajangan Bantul.

Pesona Wisata Air Terjun Curug Pulosari

Air Terjun Jurang Pulosari atau dahulu dikenal sebagai Grojogan Njurug merupakan daya tarik tarik wisata air terjun yang paling favorit di daerah Pajangan Bantul. Curug Pulosari menjadi salah satu air terjun paling indah di daerah Bantul. Air terjun ini memiliki ciri khas dimana airnya hanya mengalir saat musim penghujan saja.

Advertisement

Air Terjun Jurang Pulosari memiliki bentuk air terjun yang melebar. Air Terjun Pulosari berada diantara dua perbukitan yang masih asri dan belum dieksploitasi. Ketinggian air terjun sekitar 5-7 meter dengan debit air yang cukup melimpah pada musim penghujan. Lokasi Curug Pulosari yang sedikit tersembunyi  sehingga jauh dari keramaian dan akan membantumu untuk menikmati ketenangan atau sekedar refreshing menghirup udara segar disini dengan tenangnya gemercik air. Suasana Curug Pulosari yang masih sangat asri dengan hijaunya pepohonan yang rindang  menjadi daya tarik tersendiri yang akan membuatmu untuk betah berlama-lama.  Dibawah air terjun ini juga terdapat kolam yang  dapat digunakan untuk berenang dan bermain air. Curug Pulosari memiliki air jernih yang berwarna hijau yang memikat hati.

Di Kawasan ini bisa juga melakukan beberapa kegiatan olahraga fisik yang menantang adrenalin seperti panjat tebing dan turun tebing yang lokasinya berada di sebelah barat air terjun. Selain itu, para wisatawan juga bisa melakukan kegiatan lain yang ditawarkan seperti  outbound dengan media air.

Lokasi Curug Pulosari

Letak air terjun ini berada di Krebet, Sendangsari, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul. Dapat ditempuh sekitar 45 menit dari Kota Yogyakarta. Perjalanan menuju ke obyek wisata ini terbilang sangat mudah karena sudah banyak rambu petunjuk sehingga memudahkan pengunjung yang akan berwisata ke Curug Pulosari ini. Ketika sudah memasuki kawasan Curug Pulosari pengunjung harus melewati jalan yang sedikit terjal sehingga perlu hati-hati. Dari tempat parkir kita bisa berjalan kaki untuk sampai ke tempat tujuan. Dalam perjalanan kita bisa sambil menikmati sejuknya alam karena dikelilingi oleh bukit dan pepohonan yang rindang. Rasa capek melewati jalanan yang terjal akan hilang begitu melihat indahnya pemandangan air terjun Curug Pulosari.

Fasilitas Curug Pulosari

Objek wisata ini belum begitu terkenal dimana hanya dikelola oleh masyarakat sekitar namun fasilitas yang ada di Curug Pulosari tersebut terbilang sudah lengkap. Fasilitas yang sudah  sibangung se cara swadaya seperti memiliki area parkir yang luas dan tersusun rapi dan aman, sehingga para pengunjung tidak perlu mengkhawatirkan kendaraanya. Di Tempat ini juga sudah terdapat kamar mandi. Tarif yang dikenakan di obyek wisata ini masih gratis. Anda hanya cukup membayar parkit Rp. 2000 untuk bisa masuk dan menikmati keindahan air terjun. Selain itu di Curug Pulosari juga menyewakan bermain air seperti ban. Kemudian terdapat tempat kuliner dan gazebo untuk bersantai.

Untuk kamu yang sedang mencari destinasi wisata air yang menarik dan indah. Objek wisata Curug Pulosari ini bisa menjadi referensi wisata kamu untuk weekend dengan menikmati pemandangan indah serta udara yang sejuk. Tempatnya yang mudah untuk dikunjungi dan harga yang sangat murah dengan cukup membayar uang parkir kamu bisa merasakan keindahan air terjun di Curug Pulosari.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Hanya seorang yang suka membaca dan menulis untuk selalu bisa menginspirasi orang banyak

CLOSE