Grand Canyon di Arizona, Amerika Serikat merupakan aliran sungai yang terbentuk alami dikelilingi tebing dan jurang yang terjal. Keindahannya mendunia dan tak terbantahkan. Tapi daripada jauh-jauh ke Amerika, buat kita yang belum punya budget untuk ke sana, bisa lho, mencicipi duplikatnya di Gunung Kidul, Yogyakarta. Pesona keindahan tersebut disajikan oleh Air Terjun Sri Gethuk. Seperti apa serunya?


  • Air Terjunnya Setinggi 50 Meter dengan Aliran Air Sungai yang Membelah Tebing-tebing

Advertisement

Ciri khas Air Terjun Sri Gethuk adalah pada melimpahnya air Sungai Oya yang membelah tebing-tebing terjal yang indah. Sensasi ini bisa kamu rasakan dengan menyusuri aliran sungai ke arah air terjun menggunakan rakit yang tersedia. Namun, kalau pas hari-hari libur harap bersabar, soalnya ramai banget. Antre sampai capek sendiri.

Kalau nggak ingin berlama-lama antre untuk menuju ke Air Terjun Sri Gethuk, pilihan lainnya adalah dengan jalan kaki. Lumayan melelahkan memang. Butuh 20-30 menit untuk menuju ke lokasi air terjun dengan meniti jalan dan anak tangga yang sudah dicor beton. Banyak kok, pengunjung yang memilih cara ini.


  • Ada Cerita Serem, tapi Nggak Usah Takut, yang Penting Hati-hati dan Nggak Macam-macam

Advertisement

Nama Sri Gethuk ternyata punya sejarah sendiri. Konon, air terjun tersebut dalam kekuasaan jin yang disebut Jin Anggo Menduro. Nah, Bang Jin ini suka dengan gamelan yang dalam bahasa Jawa disebut juga Kethuk. Lokasi air terjun Sri Gethuk konon adalah tempat penyimpanan gamelan Bang Jin ini. Dari kata Kethuk, jadilah ucapan Gethuk.

Pada waktu-waktu tertentu, masyarakat sekitar masih mendengar suara gamelan dari arah air terjun ini. Wih, serem dong? Nggak juga, karena yang penting tidak berbuat aneh-aneh. Yang jelas, bukan waktu siang hari banyak pengunjung lantas Bang Jin main gamelan. Hehehe.


  • Selain Air Terjun, Panorama Tebing Sungai Oya Juga Menarik

Seperti disinggung di awal, kamu bisa menuju lokasi air terjun dengan dua cara; naik rakit dan jalan kaki mendaki. Nah, banyak pengunjung yang memilih naik rakit, karena memang sepanjang perjalanan kita akan disuguhi panorama indah. Ada tebing-tebing menjulang dengan gagah di kanan kiri sungai.


  • Ayo Segera Berwisata, Ini Lokasi dan Rutenya

Air Terjun Sri Gethuk berlokasi di Dusun Menggoran, Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Lokasinya hanya 28 km dari pusat kota Yogyakarta. Untuk menuju ke sini, kamu bisa pilih dua jalur, lewat Wonosari atau lewat Imogiri

Dari Yogyakarta ambillah jalur menuju Wonosari-Pathuk-Pertigaan Gading-Playen-Bleberan. Sedangkan untuk jalur Imogiri dimulai dari Imogiri Barat-jalan Panggang-Paliyan-Playen-Bleberan. Jalur kedua ini merupakan jalur alternatif.

Begitu sampai di Desa Bleberan, kamu masih harus menuju Dusun Menggoran dengan melewati hutan kayu putih milik PERHUTANI. Kondisi jalannya bervariasi namun masih nyaman dilalui. Setelah lewat hutan kayu putih, maka akan bertemu ladang jati lalu sampai di areal pemancingan. Di sanalah kendaraan akan diparkir. Nah setelah itu tinggal tentukan mau pilih jalan kaki atau naik rakit.


  • Harga Tiket Masuk dan Fasilitas Air Terjun Sri Gethuk

Untuk harga tiket masuk Air Terjun Sri Gethuk hanya Rp.7.000 saja. Jika kamu ingin naik rakit maka ongkosnya untuk paket komplit seperti pemandu wisata dan pelampung adalah Rp30.000. Murah banget, kan?

Untuk fasilitas, masih terbatas pada lokasi parkir, rakit sewaan, dan jalan ke lokasi air terjun yang sudah dicor beton sehingga nyaman. Selain itu kamu bisa menikmati berbagai makanan khas Gunung Kidul sebelum berwisata. Ada penjual belalang goreng, tiwul, jenang jagung dan lainnya. Oke, segeralah berkunjung ke wisata Air Terjun Sri Gethuk Gungung Kidul, Yogyakarta biar nggak penasaran.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya