Mengenal Britain Lebih Dekat Lengkap dengan Pesona Budaya dan Panoramanya

UK atau biasa kita kenal dengan Inggris adalah negara impian banyak orang. Sistem kerajaan yang begitu kuat, menjadi daya tarik tersendiri bagi banyak orang, disamping banyak tempat menakjubkan yang selalu membuat semua orang terpesona saat melihat negara itu secara langsung. Inggris memiliki banyak tempat indah yang harus kita kunjungi. Sebut saja Cornwall.

Cornwall adalah semacam kabupaten jika disebut dengan pemahaman kita. Terletak di bagian barat daya Inggris dan dekat sekali dengan perairan Celtic dan dibagian timurnya adalah kota Devon. Jika berkunjung ke daerah ini, para wisatawan akan sedikit di buat bingung dengan bahasa yang digunakan oleh orang-orang Corwnwall, karena mereka menggunakan bahasa kernowek yang merupakan bahasa suku Briton, mereka adalah suku Keltik yang tinggal di Britania Raya beberapa abad yang lalu.

Advertisement

Di Corwnwall sendiri para wisatawan akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang luar biasa, kita akan banyak menemukan budaya dan peninggalan sejarah dari negara kerajaan ini. Salah satunya adalah Minack teater. Sambil menikmati drama, musik, opera, atau penampilan yang sedang diadakan pengunjung juga disajikan dengan keindahan teluk Porthcurno, karena teater ini adalah teater yang terbuka dan sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu. Tempat duduk teater ini terbuat dari granit-granit alam, dan terdapat hamparan taman sub-tropical yang begitu menawan. Konon teater ini dibuat oleh seorang wanita asal Spondon yang membangun teater ini tanpa bantuan orang lain kecuali tukang kebunnya di tahun 1931.

Gambar 1. Minack Teater (Sumber : https://id.pinterest.com/pin/437482551287469792/)

Tempat wisata yang tak kalah menarik adalah King's Arthur Trail, merupakan serangkaian wisata menjelajahi legenda cerita hidup King Arthur, kita dapat mengunjungi kastil Tintagel yang dikenal dengan aura mistisnya, pada bagian teratas kastil terdapat patung yang dibuat mirip. Dengan King Arthur dari Cornwall. Jejak perjalanan yang ditujukan untuk para wisatawan akan membangkitkan rasa imajinatif dan membawa pada masa dimana legenda itu benar-benar terjadi.

Advertisement

Kastil ini semakin terkenal ketika sebuah tulisan bahwa Arthurian lahir di Kastil Tintagel ini sampai masa konsepisnya. Beberapa abad yang lalu kastil ini sempat dijadikan penjara, oleh karena itu aura kemsitisannya semakin besar. Namun saat ini kastil Tintagel benar-benar terkenal bagi wisatawan, pengunjung sudah disediakan peta mengenai serangkaian petualangan mengikuti jejak kisah King’s Arthur yang melegenda.

Gambar 2. Serangkaian King's Arthur Trail

(Sumber :https://id.pinterest.com/pin/299278337728346802/,

https://id.pinterest.com/pin/431641945506171678/, https://id.pinterest.com/pin/302163456242744714/, https://id.pinterest.com/pin/380765343481005609/)

Tempat yang harus dikunjungi selanjutnya adalah St Michael's Mount. Sebuah pulau kecil yang memiliki kastil besar sebagai panorama terindahnya. Di zaman dulu pulau tersebut digunakan sebagai tempat perdagangan saudagar-saudagar dari seluruh negeri, tetapi saat ini kastil besar itu sudah di jadikan tempat wisata yang meninggalkan dongeng -dongeng menarik yang sudah sangat dikenal dengan orang-orang Cornwall.

Untuk sampai kesana pengunjung dapat merasakan sensasi menyebrangi lautan yang akan sangat jarang ditemui di tempat wisata lain, jalan yang terbuat dari granit yang cukup panjang itu dibangun agar akses ke pulau kecil di Cornwall itu semakin mudah tanpa harus menggunakan kapal, meski saat pasang naik penyebrangan dengan kapal harus dilakukan. Para wisatawan dapat membeli oleh -oleh di St Michael's Mount dan merasakan masakan asli orang Corwnwall di kastil dongeng itu.

Gambar 3. St Michael's Mount

(Sumber : https://id.pinterest.com/pin/380343131003279371/ & https://id.pinterest.com/pin/126804545738715492/)

Berbicara mengenai makanan ada santapan lezat asal Cornwall yang wajib kita cicipi ketika berkunjung ke barat daya Inggris ini, yaitu Cornish Pasty. Makanan ini sudah menyebar ke seluruh belahan Eropa, dan yang tidak diketahui banyak orang bahwa makanan tersebut adalah makanan yang biasa dikonsumsi orang Cornwall sehri-hari. Di zaman dulu Cornwall adalah bagian Inggris penghasil tambang, sehingga masyarakatnya memilliki mata pencaharian di ranah tersebut, mereka membutuhkan makanan yang berkarbohidrat tinggi karena harus mengeluarkan energi yang sangat banyak, disamping itu mereka juga membutuhkan kandungan yang ada di dalam daging dan sayur agar memenuhi kebutuhan akan protein dan zat besi setelah mereka bekerja.

Maka terciptalah Cornish pasty, bentuknya seperti pastel tetapi lebih besar dan lebih tebal kulit bagian luarnya, didalamnya diisi dengan sayur dan daging sapi. Makanan ini dirasa cukup praktis, mengenyangkan dan tidak mudah basi ketika para pekerja harus membawanya sebagi bekal makan siang mereka. Sekarang Cornish Pasty sudah dikenal banyak orang dan dibuat di berbagai Negara di Eropa, tetapi tentu saja cita rasanya akan berbeda jika kita mencicipinya di Negara asalnya bukan.

Gambar 4. Cornish Pasty

(Sumber : https://goo.gl/images/rDxqWd & https://goo.gl/images/L5wW7H)

Saya tertarik untuk menulis Corwnwall dan segala kemenarikan pariwisata di dalamnya karena saya teringat sebuah buku yang ditulis oleh author asal Italia. Buku itu begitu menarik bagi saya, karena mengambil kisah dari sisi Inggris yang jarang orang bicarakan, dan pada kenyataannya seorang wisatawan yang berkunjung ke barat daya Inggris ini tidak akan pernah menyesal dan melupakan pengalamannya ketika bermanja dengan destinasi dan budaya yang ada di Cornwall, Britania Raya.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya