WOW! Ini Lagu yang Membuat 1 Dunia Salah Paham!

Yang suka salah denger lirik k-pop pasti ngerti :)

Bagi sebagian banyak orang, Lagu kerap dianggap sebagai bahasa yang dapat menghubungkan dirinya dengan orang luar, meskipun mereka berbeda negara, bahasa, suku, agama, ras, maupun warna kulit. Saya sendiri merupakan bagian dari orang yang beranggapan seperti itu, ketika saya sedang sedih, lagu Malibu Nights milik Lany menjadi andalan saya, dan ketika doi sadar saya mendengarkan lagu itu, seketika perhatian melimpah mendatangi saya bagaikan ombak yang menerjang pantai.

Asik, udah masuk nih efek dengerin lagunya

Advertisement

Kita dapat menikmati lagu melalui berbagai aspek yang terdapat di dalamnya, baik irama dari lagu itu yang membuat kepala kalian maju mundur dengan sendirinya, penyanyinya yang super ganteng terus buat kalian menjerit-jerit setiap mereka memamerkan roti sobeknya, ataupun lirik super galau untuk kalian yang ditinggal di saat sayang-sayangnya.

I won’t judge your music brader and sister.

Tapi akhir-akhir ini, terdapat satu lagu yang menjadi ramai kembali di media sosial, bukan karena penyanyinya yang tiba-tiba menjadi artis drama, ataupun karena lagunya digunakan untuk ost sinetron naga terbang. Lagu ini kembali happening karena dianggap sebagai lagu yang berani mengucapkan N-word sebanyak 72 kali disepanjang 4:19 menit lagu tersebut.

Trust me, aku hitung satu-satu sampai pusing

Lagu mandarin berjudul 阳光彩虹小白马 (yang guang cai hong xiao bai ma) atau yang berarti Sunshine Rainbow and White Pony milik Wowkie Zhang menuai banyak reaksi dari netizen-netizen dunia tentang lirik lagunya yang mengucapkan N-word berulang-ulang kali. Lagu ini sebenarnya dirilis pada tahun 2018 kemarin, namun kembali naik dikarenakan penyebaran konten melalui media sosial seperti Instagram, Tiktok, dan sebagainya.

Advertisement

Lirik yang kontroversial itu terdapat pada awal reff dimana Wowkie Zhang mulai menyanyikan lirik yang terdengar seperti N-word itu, “nǐ shì nèi nèi gè nèi nèi nèi gè nèi gè nèi nèi”. Nah, ketika kalian baca lalu mendegar lirik tersebut, kalian pasti nyengir-nyengir sendiri kan? Karena memang tidak bisa dipungkiri bahwa nèi gè memang terdengar seperti N-word, apalagi ketika kita mengulang-ulang kata tersebut, siap-siap dikomenin netizen deh kita.

Nah pembacaku sekalian yang ngulangin liriknya terus daritadi, mungkin berdasarkan pengucapan, kata nèi gè terdengar seperti N-word, namun pada kenyataannya, nèi gè atau nà ge memiliki arti sendiri yaitu “itu”, seperti 我昨天去了那个……那个…… (Wǒ zuótiān qù le nàge… nàge…) yang memiliki arti (kemarin aku pergi ke itu.. itu..) dimana nà ge digunakan untuk menggambarkan bahwa saya sedang berusaha mengingat tempat tersebut.

Advertisement

Sebagai mahasiswa ilmu komunikasi sendiri, kesalahpahaman bahasa ini sendiri bukan merupakan hal yang baru, hal tersebut masuk kedalam miskomunikasi dikarenakan perbedaan latar belakang, didalam kasus ini adalah perbedaan bahasa. Langue dan Parole juga berpengaruh didalam kejadian ini, singkat aja biar kalian bisa jadi anak komunikasi juga, definisi dari sebuah kata pada suatu kelompok, belum tentu sama dengan kelompok lainnya. Dimana netizen salah paham tentang kata nèi gè karena bunyinya yang mirip dengan N-word, padahal pada kenyataannya, itu adalah bahasa mandarin yang tidak mengandung unsur rasisme sama sekali, bahkan digunakan dalam komunikasi sehari-hari oleh masyarakat berbahasa mandarin.

Di luar dari konteks rasisme, lagu Sunshine Rainbow and White Pony milik Wowkie Zhang ini memiliki tema yang ceria, maksudku SANGAT ceria, dan juga lirik yang berisikan tentang kalimat penyemangat bagi orang yang sedang berada di masa terpuruknya atau istilah kerennya anak milenial itu “galau”. Apabila kalian melihat kolom komentar pada video MV lagu tersebut, kalian akan melihat betapa banyaknya orang yang juga salah paham dengan lirik lagu tersebut, ada yang datang dari TikTok, Instagram, Facebook, dan mungkin ada yang datang dari Mojok setelah baca tulisan ini hehehe.

Akhir kata, miskomunikasi pasti terjadi dimanapun kita berada, baik itu di rumah, di internet, ataupun di dalam sebuah lagu, jadilah netizen yang cermat meskipun nilai kita dibawah rata-rata. Akhir kata saya tutup dengan lirik dari lagu kontroversial ini,

“Kamu paling kuat, paling hebat, paling bersinar, paling menyinari, tidak ada yang bisa menghalangi kamu berkembang”

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

CLOSE